Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Telkomsel dan XL Dipastikan Dapat Satu Blok Tambahan 3G

MAJALAH ICT – Jakarta. Seleksi blok tambahan 3G belum selesai dan siapa yang akan mendapatkan blok tambahan belum diumumkan, namun dapat dipastikan blok tambahan itu akan menjadi milik Telkomsel dan Xl Axiata. 

Hal itu setelah pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa hanya dua operator yang lolos administrasi. "Yang lolos seleksi administrasi ada dua, yaitu Telkomsel dan XL Axiata," jelas Kepala Pusat Informasi dan Humas Gatot Dewa Broto. Sementara Indosat, jelas Gatot dalam siara pers nya, gugur diseleksi administrasi dan tidak bisa mengikuti tahap selanjutnya, yaitu seleksi kelayakan.

Berdasar PM Kominfo No. 43/2012 serta Dokumen Seleksi, seleksi akan terbagi dua, yaitu seleksi administrasi dan kelayakan. Jika gugur di seleksi administrasi, tidak diikutkan di seleksi kelayakan. Namun, apapun yang terjadi, karena hanya menyisakan dua operator, maka blok tambahan yang tersisa dua, dapat dipastikan blok itu akan dialokasikan untuk Telkomsel dan XL. Sejelek apapun nilai dua operator ini dalam seleksi kelayakan yang berupa evaluasi teknis, finansial dan kepatuhan terhadap regulasi.

Hanya, yang mungkin ditunggu-tunggu oleh publik adalah dokumen siapa yang lebih bagus sehingga mendapat peringkat 1 dan peringkat 2. Ini penting, karena akan terlihat bagaimana peta persaingan kedua operator tersebut dalam 10 tahun ke depan.

Meski pemenang blok tambahan sudah jelas, Gatot tetap menekankan bahwa proses seleksi akan sesuai jadwal. "Proses seleksi tetap sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia seleksi," katanya.