Search
Rabu 26 Juni 2024
  • :
  • :

Telkomsel Hadirkan NextDev Academy 2023, Buka Peluang Pemberdayaan Startup Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel terus membuka peluang perkembangan ekosistem pemberdayaan startup digital pencipta perubahan di Indonesia. Komitmen tersebut Telkomsel wujudkan dengan menghadirkan program pengembangan startup digital NextDev Academy ke-8 dan akan diikuti oleh 12 startup terbaik NextDev Talent Scouting 2022. NextDev Academy 2023 merupakan tahap kedua dari rangkaian Program NextDev 2022 yang telah digelar Telkomsel, dengan tujuan memperkuat fundamental startup melalui pendampingan oleh sejumlah mentor, peningkatan kapabilitas, serta pemanfaatan teknologi digital terdepan. NextDev Academy 2023 Telkomsel dilaksanakan di Jakarta mulai 26 Januari 2023 dan berlanjut secara online/hybrid selama tiga bulan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan, “Melalui NextDev Academy 2023, Telkomsel kembali mempertergas komitmennya dalam mendukung pertumbuhan startup founders, berikut dengan solusi-solusi inovatif digital yang mereka ciptakan. Memasuki tahun ke-8 pelaksanaannya, NextDev telah menjadi salah satu program CSR unggulan Telkomsel yang secara konsisten mendorong startup digital Indonesia untuk berkembang dan berdaya. Pada NextDev Academy 2023 kali ini, kami memiliki fokus untuk membenahi fundamental bisnis startup. Modul webinar dirancang secara khusus untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi startup founders. Para mentor pilihan yang dihadirkan dalam NextDev Academy 2023 juga siap membantu merealisasikan potensi startup dalam menciptakan perubahan. Telkomsel berharap dapat terus memastikan bahwa rangkaian Program NextDev tetap relevan dan adaptif terhadap kebutuhan terkini startup digital Tanah Air.”

NextDev Academy 2023 menghadirkan serangkaian kegiatan komprehensif untuk meningkatkan kompetensi para startup peserta. Beberapa kegiatan di NextDev Academy 2023 tersebut meliputi digital startup diagnostic, orientation, webinar, dan mentorship. Dikemas dalam konsep webinar khusus, modul-modul NextDev Academy 2023 menambah wawasan startup founders dalam aspek business modelling untuk mengembangkan business plan, marketing untuk merancang strategi go-to-market, product development untuk meneruskan pengembangan produk, investment pitch untuk bersiap meraih investor baru, founder series untuk menjaga fokus pada sustainability dan impact, serta team/people/finance untuk meracik komposisi tepat dalam struktur organisasi.

Para mentor merupakan ahli dan praktisi yang terlibat dalam pengembangan startup di NextDev Academy 2023 di antaranya adalah Vice President New Business Vidio.com Anvid Edrian, Founder Plustik.id Reza Hasfinanda, Production Manager Gameloft Irfan Arghi, hingga Angel Impact Investor Stephanie Hermawan. NextDev Academy 2023 diikuti oleh 12 startup terbaik dari tahap NextDev Talent Scouting, mulai dari Teman Pasar, Campsite, Shieldtag, NUXCLE, Databiota, MyECO, Nightspade, Redamantine Studios, Hisa Games, Female in Action, Fisiohome, sampai dengan Lingo Talk. 12 startup peserta tersebut berasal dari empat sustainable digital startup tracks di NextDev Talent Scouting, yaitu Tourism & Creative Economy, Green & Clean Tech, Games & Gaming Platform, Health & Education.

“Dengan Program NextDev Academy 2023, startup dapat membangun pondasi yang kuat untuk melangkah maju, terus berkembang dengan baik, dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan. Untuk itu, kami mempersilakan para startup founders untuk dapat memanfaatkan aset dan kapabilitas Telkomsel sebaik mungkin, sebagai bagian dari kontribusi perusahaan terhadap ekosistem digital nasional. Ke depannya, Telkomsel berharap NextDev dapat terus mencetak startup digital unggulan, memperkuat ekosistem pemberdayaan startup yang inklusif, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan,” tutup Saki.

NextDev merupakan salah satu Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang juga bagian dari peta jalan pengembangan ekosistem digital Telkomsel. Peta jalan tersebut dimulai dengan sebuah program pengembangan tech talents, digital creators, dan calon startup founders bertajuk IndonesiaNEXT. NextDev kemudian mengambil peran sebagai inkubator dan enabler yang dapat memperkuat fundamental dari para founders dan early-stage startup mereka di Indonesia. Pada tahap seed round, startup dapat berkolaborasi dengan Tinc, sebuah akselerator korporat yang dapat melakukan research & piloting bersama startup dan membuka peluang komersialisasi. Startup yang siap untuk menginjak tahap series funding dapat bermitra dengan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang akan mendukung stabilitas melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang. Terakhir, INDICO adalah anak usaha Telkomsel yang menjadi holding company bagi inovasi-inovasi digital untuk tumbuh secara terukur dan berkelanjutan dengan memaksimalkan value creation dalam pengembangan produk, inkubasi bisnis, dan investasi strategis.

NextDev telah berlangsung sejak 2015 dalam bentuk program pencarian dan pengembangan startup digital Indonesia. Selama 8 tahun penyelenggaraannya, lebih dari 5.000 startup digital di seluruh Indonesia telah terlibat dengan Program NextDev. Hingga kini, lebih dari 100 startup telah terbantu oleh para mentor ahli dan modul pengembangan startup NextDev Academy 2023. Pegiat startup dan pelaku industri kreatif digital dapat mengikuti perkembangan Program NextDev melalui laman nextdev.co.id, atau media sosial Instagram, Linkedin, serta YouTube NextDev.id.