Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Telkomsel Ikutan Berikan Layanan Big Data, Privasi Pelanggan Tetap Dijaga

MAJALAH ICT – Jakarta. Untuk memenuhi target Telkomsel pada tahun 2014 ini sebagai pionir perusahaan inovasi digital, anak perusahaan Telkom ini meluncurkan layanan Big Data untuk kalangan korporat. Layanan Big Data ini diberi nama MSight.

Layanan Big Data Telkomsel ini merupakan layanan informasi dan analisa data yang berasal dari pelanggan Telkomsel. Hingga saat ini, pelanggan Telkomsel sendiri sudah ada 139 juta di seluruh Indonesia. Dengan menganalisis perilaku sehari-hari konsumen secara kolektif, layanan ini akan sangat berguna untuk berbagai perusahaan dalam mengetahui perilaku konsumennya. Layanan ini juga dapat membantu merancang strategi bisnis yang lebih terarah.

Walapun menggunakan data pelanggan, Telkomsel tetap mengutamakan privasi pelanggan. Mereka menghormati undang-undang dan hukum yang melindungi privasi pelanggan dengan mengelola data secara anonim, agregat dan efisien.

Adapun beberapa aplikasi bisnis dari informasi Big Data di antaranya digunakan untuk melakukan monitoring perubahan jumlah trafik pengunjung, segmentasi konsumen berdasarkan profil tertentu, mengetahui perilaku digital konsumen, pola pergerakan konsumen antar lokasi, dan perilaku konsumen terhadap produk dan servis. 

Big Data Telkomsel diklaim dapat menyajikan informasi secara real-time, sehingga pelanggan dapat mengambil keputusan bisnis lebih cepat, mengelola consumer experiencedan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.