Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Telkomsel Menunjuk Axeda Untuk Mendorong IoT di Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Axeda Corporation, penyedia perangkat lunak dan layanan berbasis cloud terkemuka yang mampu menghubungkan, membangun dan mengelola solusi Internet of Things (IoT), bersama dengan Telkomsel, operator selular terbesar di Indonesia dan terbesar keenam secara global, hari Senin (24/2) mengumumkan bahwa "Axeda Machine Cloud Telco Edition" telah dipilih sebagai platform go-to-market Telkomsel untuk memberikan solusi IoT di pasar M2M Indonesia yang tumbuh dengan cepat.

Permintaan terhadap platform layaknya "Axeda Machine Cloud Telco Edition" didorong oleh adanya ledakan pertumbuhan jumlah perangkat yang terhubung (connected devices), volume data IoT, dan upaya operator untuk meningkatkan pendapatan dengan aplikasi IoT yang memiliki nilai tambah di atas layanan standard operator. Operator selular menjadi bagian penting dari pertumbuhan ini dan membutuhkan platform untuk mengumpulkan dan mengelola data mesin, serta mengembangkan dan memberikan aplikasi IoT. Pada saat yang bersamaan operator juga dituntut untuk masuk ke pasar dengan cepat dan dapat meminimalisasi investasi diawal untuk infrastruktur. "Axeda Machine Cloud Telco Edition" adalah solusi lengkap bagi operator yang menggabungkan Axeda Connect, Axeda Build dan Axeda Manage. 

"Axeda Machine Cloud Telco Edition" menawarkan efisiensi operasional dan pilihan penerapan yang fleksibel,  sehingga memungkinkan operator selular untuk dapat menghasilkan revenue di pasar IOT yang tumbuh cepat," ungkap  David Canavan, EVP Business Development Axeda. "Telkomsel sebagai operator selular terbesar di Indonesia dapat memberikan layanan IoT baru yang inovatif untuk pelanggan, Telkomsel dapat membantu mengurangi kompleksitas proses pengembangan aplikasi IoT dan secara cepat mendorong pertumbuhan pendapatan baru."

Direktur Planning & Transformation Telkomsel , Edward Ying mengatakan "Keunggulan Axeda di dunia IoT ditambah dengan keunggulan kami dalam mobilitas layanan akan mampu menawarkan solusi baru bagi pelanggan korporat, pengembang solusi dan UKM. Melalui Axeda dan mitra mereka, kami dapat segera memasarkan IoT baru diantaranya untuk connected products, connected vehicles, usage-based insurance, connected health, asset tracking, smart buildings dan smart cities."

Keunggulan Platform dan Aplikasi IoT Axeda 

Dengan memanfaatkan platform dan aplikasi IoT Axeda, operator selular dapat menawarkan pelanggan korporatnya solusi end-to-end yang inovatif dengan nilai tambah. Axeda menyediakan beberapa solusi, diantaranya:

  • Axeda Connect – IoT Connectivity Middleware.  Merupakan software komunikasi berbasis cloud yang memungkinkan operator selular dengan mudah menghubungkan perangkat ke cloud dan kemudian memproses, mengubah, mengatur dan menyimpan sensor data. Termasuk support untuk lebih dari 50 perangkat "Axeda Ready", modul dan chip yang telah disertifikasi untuk dapat bekerja di Axeda Machine Cloud. Hal ini akan meningkatkan akurasi dan keamanan komunikasi data.
  • Axeda Build – IoT Application Enablement Platform. Alat berbasis cloud yang mampu menyederhanakan pengembangan dan memungkinkan operator selular dan pelanggan mereka untuk secara cepat dan ekonomis mengimplementasikan aplikasi IoT. Kemampuan solusi ini termasuk manajemen data, mesin scripting, integration framework,  SDK dan layanan web untuk mengakses data dan aplikasi layanan di Axeda Machine Cloud.
  • Axeda Manage – Connected Machine Management Applications.  Aplikasi web berbasis cloud yang memungkinkan operator selular dan pelanggannya untuk secara jarak jauh dapat memantau , mengelola layanan, dan mengendalikan produk yang terhubung, baik nirkabel maupun non-nirkabel. Kemampuan solusi ini termasuk akses jarak jauh, manajemen keamanan, distribusi perangkat lunak dan manajemen konfigurasi.