Search
Jumat 21 Juni 2024
  • :
  • :

Telkomsel Targetkan Pendapatan Rp.94 Triliun di 2017

MAJALAH ICT – Jakarta. Operator telekomunikasi seluler PT Telkomsel menargetkan pendapatan Rp.94 triliun pada 2017 mendatang. Pendapatan ini meningkat 9-10 persen dibanding pendapatan 2016 ini yang diproyeksikan mencapai Rp.86 triliun. Demikian dikatakan Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, di sela-sela “Media Gathering” Telkomsel, di Bandung, Jawa Barat.

“Tahun depan kami perkirakan bisnis Telkomsel tumbuh 9-10 persen sejalan dengan pertumbuhan industri telekomunikasi yang diprediksi analis,” kata Ririek. “Pertumbuhan bisnis Telkomsel, juga jauh di atas pertumbuhan ekonomi yang diprediksi dalam APBN sebesar 5,1 persen pada 2017,” tambahnya.

Dijelaskannya, Telkomsel memang ditargetkan membukukan “triple double digit growth” pada pendapatan, rasio laba sebelum pajak, depresiasi dan amortitasi (Ebitda), dan laba bersih. Dan meski bisnis melambat seperti yang berasal dari layanan suara dan SMS, namun Ririek yakin pendapatan dari layanan data dan internet tumbuh signifikan hingga 30-40 persen dengan kenaikan trafik bisa mencapai 100 persen.

Diungkapkannya, secara keseluruhan pada 2017 Telkomsel melanjutkan pembangunan infrastruktur yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya. Dans esuai dengan kecenderungan peningkatan trafik data dan internet yang menjadi dasar pertumbuhan bisnis digital, pada tahun 2017 Telkomsel akan mengembangkan layanan video, musik dan game, serta e-commerce. Telkomsel juga akan terus meningkatkan pengembangan “T-Cash”, layanan yang membantu program Pemerintah dalam rangka finansial inklusion melalui layanan transaksi nontunai.

“Kami akan terus menambah mitra perbankan, sehingga layanan keuangan nontunai bagi masyarakat bisa diperluas sampai ke pelosok daerah. Sampai akhir 2016 kami perkirakan jumlah pengguna T-Cash mencapai 1 juta. Pada 2017 Telkomsel juga menargetkan pertumbuhan jumlah pelanggan sekitar 10 persen dibanding 2016,” yakinnya.

Disebutkannya, hingga September 2016 total jumlah pelanggan mencapai 163,7 juta di seluruh Indonesia. Sebanyak 76,4 juta pelanggan di antaranya telah menggunakan perangkat 3G/4G. Untuk melayani seluruh pelanggan pada 2017, Telkomsel akan menambah sekitar 20 ribu BTS dari saat ini ada yang  sebanyak 124.097 BTS.