Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Ternyata Ctrl-Alt-Del itu Sebuah Kesalahan

MAJALAH ICT – Jakarta. Bagi pengguna Windows, command Control-Alt-Delete (Ctrl-Alt-Del) bukan hal yang baru dan adalah hal biasa jika komputer nge-hang. Ya, perintah ini diberikan agar komputer melakukan reset atau booting kembali ketika pengguna tidak bisa memberikan perintah baru karena tidak direspons mesin CPU.

Cerita punya cerita, ternyata perintah Ctrl-Alt-Del itu adalah sebuah kesalahan. Demikian dikatan Founder Microsoft, Bill Gates. Menurut Bill, kombinasi tiga perintah di keyboard itu adalah sebuah kesalahan fatal.

"Itu adalah kesalahan. Sebab, kita bisa memiliki satu tombol perintah saja. Tetapi, orang yang mengembangkan desain keyboard di IBM tidak mau memberi kita tombol tunggal,” ungkap Bill saat dalam sebuah kampanye penggalangan dana di Hardvard. Sehingga, katanya, Ctrl-Alt-Del itu ketidaksengajaan yang salah.

Diceritakan Bill, karena tidak bisa menghadirkan satu tombol reset, maka ahli IBM bernama David Bradley hadir memperkenalkan kombinasi tombol Ctrl-Alt-Del pada PC untuk memunculkan Task Manager komputer atau untuk mereset komputer.