Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Tidak Monetisasi Data Pengguna, Apple Merasa Lebih ‘Suci’ dari google dan Facebook

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple telah meluncurkan serangan ke Google dan Facebook atas praktek bisnis invasif mereka, dengan CEO Apple Tim Cook mengklaim bahwa Apple tidak "membaca email atau pesan Anda". Dalam sebuah surat terbuka, Apple menguraikan model privasi dan membandingkannya, termasuk dengan pesaing mereka yang menjual data pengguna kepada pengiklan.

Dikatakan Cook, "Beberapa tahun yang lalu, pengguna jasa internet mulai menyadari bahwa ketika layanan online gratis, Anda bukanlah pelanggan. Tapi di Apple, kami percaya pengalaman pelanggan besar seharusnya tidak datang dengan mengorbankan privasi Anda." "Model bisnis kami sangat mudah. Kami menjual produk yang hebat Kami tidak membangun profil berdasarkan konten email atau kebiasaan browsing web untuk menjual kepada pengiklan.

Ditegaskan Cook, pihaknya juga tidak mengambil keuntungan secara finansial atau monetisasi dari informasi yang disimpan pengguna. "Kami tidak menguangkan informasi yang Anda simpan di iPhone atau di iCloud. Dan kita tidak membaca email atau pesan Anda untuk mendapatkan informasi produk yang cocok dipasarkan ke Anda."

Tentu saja, kritik ini menohok Google dan Facebook, perusahaan yang menyimpan data pengguna mereka untuk iklan bertarget. Google sedang diselidiki di Eropa anggota dewan komisaris privasi atas perubahan yang dibuat untuk kebijakan privasi pada 2012. Sementara itu, Facebook berada di bawah pantauan atas aplikasi Facebook Messenger dan percobaan psikologis yang dilakukan pada pengguna.

"Salah satu bagian yang sangat kecil dari bisnis kami tidak melayani pengiklan. Kami membangun sebuah jaringan periklanan karena beberapa pengembang aplikasi tergantung pada model bisnis, dan kami ingin mendukung mereka serta layanan iTunes Radio gratis. iAd menempel pada kebijakan privasi yang sama yang berlaku untuk setiap produk Apple lainnya. Tidak bisa data diambil dari aplikasi Healt dan HomeKit, Maps, Siri, iMessage, riwayat panggilan Anda, atau layanan iCloud seperti Kontak atau Mail, dan Anda selalu dapat keluar dari semuanya secara bersamaan."

Apple sendiri baru-baru ini berada di pusat skandal privasi, dimana ratusan foto bugil selebriti seperti Jennifer Lawrence dicuri dari perusahaan iCloud dan bocor seluruh internet.