Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Tifatul : 4G LTE akan Mulai Dibuka Desember 2013

MAJALAH ICT – Jakarta. Kabar gembira disampaikan disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dari Nusa Dua, Bali, tempat KTT APEC berlangsung. Dikatakan Tifatul, untuk menghargai operator yang sudah melakukan uji coba teknolog generasi ke-4 (4G) LTE, maka pemerintah akan mulai membuka penggunaan teknologi ini pada Desember akhir tahun ini.

Selama APEC beberapa operator uji coba 4 G dari  1-8 Oktober. Kalau bisnis 4 G umumnya kita buka Desember 2013. Ini sebagai bentuk dukungan operator dengan menyediakan 4 G selama APEC berlangsung,” ujar Tifatul saat meninjau kesiapan media center dan layanan komunikasi untuk acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), 7-8 Oktober 2013.

Ditambahkannya, saat ini operator yang melakukan uji coba 4G LTE terdiri dari Telkomsel, XL Axiata dan Indosat. Dengan memakai 4G, katanya, akan lebih menguntungkan  seperti teknologi semakin murah, layanan konsumen juga bagus.

Pada kesempatan itu, Menteri Tifatul juga membantah anggapan jika layanan informasi dan telekomunikasi, lambat. Menurutnya, operasional layanan komunikasi baru dimulai pada 5 Oktober 2013.  “Media center ada 700 komputer dengan speed tinggi dan WiFi bebas. Jangan dicek sebelum operasi. Kita mulai operasional 5 Oktober resminya. Kalau uji coba jangan dinilai seperti itu,” kata Tifatul beralasan.