Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Tifatul akan Panggil Operator Berteknologi CDMA Januari Mendatang

MAJALAH ICT – Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Tifatul Sembiring berencana memanggil empat operator CDMA pada awal Januari 2014. Pemanggilan itu untuk membahas masalah terkait layanan berbasis teknologi CDMA dan solusi untuk mengatasinya. 

"Kami akan memanggil mereka di awal tahun 2014. Untuk memberi arahan kepada mereka," kata Tifatul di kantronya. Menurut Tifatul, perkembangan bisnis layanan berbasis teknologi CDMA pada 2013 sudah tidak sehat dan kurang menggembirakan. Sempitnya lebar pita yang dimiliki tiap operator dan bersatunya teknologi generasi lanjut/4G ke dalam standar 3GPP (LTE) menjadi salah satu penyebabnya. 

Karena itu, Tifatul menginstruksikan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk mendalami dan mencari solusi upaya menyehatkan industri di pita frekuensi ini. 

Diungkapkan oleh mantan Presiden PKS ini bahwa lembaganya sudah memikirkan beberapa solusi alternatif. "Di antaranya merger, refarming (penataan kembali) juga bisa kepada frekuensi lain, perubahan ke teknologi LTE," kata Tifatul. "Menurut saya orang pasti akan (otomatis) mengambil teknologi paling muktahir. Kami akan carikan jalan untuk mereka (CDMA). Paling tidak, mereka bisa melakukan refarming ke teknologi LTE," lanjut Tifatul. 

Ditegaskan Tifatul, gejala kurang sehatnya bisnis layanan CDMA memang bukan terjadi di Indonesia saja, tapi di seluruh dunia. Apalagi seluruh negara saat ini sudah ramai-ramai bergegas mengalihkan teknologinya ke LTE.