Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Tiga Bank BUMN Diminta Bantu UKM Binaan Telkom di Blanja.com

MAJALAH ICT – Jakarta. Tiga bank yang terdiri Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN) diminta untuk membantu UKM binaan BUMN Telkom Indonesia melalui platform digital. UKM platform digital tersebut adalah situs e-commerce milik BUMN PT Telkom Indonesia, yaitu blanja.com. Telkom Indonesia bersama 3 bank BUMN tersebut akan mengoptimalkan produk e-commerce melalui  blanja.com.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Bank BTN, Maryono usai melakukan rapat bersama direksi Himbara lainnya di Kementerian BUMN, Jakarta. Perbankan akan memfasilitasi pembiayaan UKM yang tergabung pada situs belanja online tersebut.

Namun Maryono tidak menyebutkan bagaimana bentuk pembiayaan yang akan dilakukan, mengingat pembahasan masih terus dilanjutkan pada minggu depan. "E-commers ini kan antara seller, dia sebagai penanya, ada pembeli. Reseller ini kan kalau bisa dari keluarga kita juga, ada dari UKM. Ini kan perlu modal kerja, kan bank yang punya peran. E-payment-nya karena ini digital, 4 bank yang memfasilitasi," katanya.

Sebelum tiga bank ini, beberapa perusahaan BUMN yang sudah bergabung di blanja.com diantaranya Pertamina Lubricants, BULOG, Kimia Farma, Pupuk Indonesia, dan beberapa perusahaan BUMN lainnya. "Pembahasannya masih terus. Ditargetkan sesegera mungkin," yakinnya.

Direktur Utama BRI, Asmawi Asyam menyampaikan, perbankan akan didorong menjadi payment gateway dari situs belanja tersebut untuk UKM binaan BUMN tersebut dan akan mengoptimalkan perannya. Namun demikian, ia enggan untuk menyebutkan berapa kebutuhan yang akan dianggarkan dari bentuk kerjasama ini. "Ini baru ngomong-ngomong biasa saja. Soal apakah kita tertarik tidak, kita lihat nanti prospeknya seperti apa. Selasa akan rapat lagi," ungkapnya.

Memang, situs blanja.com telah lama hadir. Meski begitu, pamor situs ini kalah dibanding situs-situs yang lebih belakangan hadir seperti mataharimall.com, Lazada, bahkan maker place seperti Bukalapak maupun Tokopedia.