Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

TiPhone Dahului Foxconn Bangun Fabrikasi Ponsel di Jakarta

MAJALAH ICT – Jakarta. Rencana fabrikan ponsel asal Taiwan Foxconn yang akan membangun pabrik di kawasan Marunda Jakarta, masih belum menentu. Sementara belum jelasnya keputusan Foxconn, Tiphone, distibutor perangkat telekomunikasi, mendahuluinya dengan rencana membangun pabrik perakitan ponsel di Pluit, Jakarta.

Demikian diungkap Presiden Direktur PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk. Lily Salim. Menurut Lily, pabrik ini akan memiliki empat lini perakitan dengan masing-masing lini bisa memproduksi 3.000 ponsel per hari. "Pada tahap awal akan dibangun satu lini lebih dulu," katanya. Untuk pembangunan ini, TiPhone siap menggelontorkan dana sekitar Rp.20 miliar.

Dijelaskan Lily, diharapkan pabrik perakitan ini sudah bisa beroperasi pada kuartal ke-3 tahun ini. Bahkan, TiPhone sesungguhnya juga mengincar produksi yang lebih luas lagi. Seperti smartphone, tablet dan lain sebagainya. Selamai ini, TiPhone bekerja sama dengan Foxconn untuk memproduksi ponsel-ponselnya.

Sebelum TiPhone, Panasonic juga sudah membangun pabrik di daerah Kudus, Jawa Tengah. Indonesia merupakan surga bagi para produsen ponsel mengingat pengguna ponsel sekarang sudah mencapai 272 juta. Bisa dibayangkan, jika dalam setahun sekitar 25% pengguna harus mengganti ponselnya, tentu jumlah yang tidak sedikit untuk diperebutkan ‘kue’nya.