Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Tokopedia Dapat Suntikan Dana Dari Softbank Ventures

MAJALAH ICT – Jakarta. Tokopedia, startup yang dibesut oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison dikabarkan baru saja mendapat kucuran dana investasi dari perusahaan raksasa Softbank Ventures asal Korea.

Angka investasi yang diberikan tidak diungkapkan ke publik dan investasi tersebut akan digunakan Tokopedia untuk membangun produk, melakukan ekspansi tim, dan memperluas marketing. Besaran dana ini diakui oleh William selaku founder Tokopedia akan membuat perusahaan lebih fokus ke pengembangan usaha dan mereka bertekad mampu menciptakan 1 juta lapangan kerja dalam waktu 5 tahun ke depan.

Softbank sendiri adalah perusahaan yang melakukan investasi di beberapa perusahaan e-commerce di Jepang, Korea dan China dimana salah satunya adalah Alibaba.

William mengungkapkan,”Kami percaya Softbank akan menjadi mitra strategis yang tepat untuk mencapai visi kami. Tokopedia ingin dapat mengulang kesuksesan Alibaba Group di pasar Indonesia, membangun perusahaan internet yang mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat,”

Sementara itu Daniel Kang selaku COO Softbank Ventures Korea menyambut positif investasi ini. Dia mengatakan, “Sebagai saksi mata dari kesuksesan besar e-commerce di Korea, Jepang dan China, kami percaya Indonesia memiliki potensi yang kuat untuk pasar online. Setelah meninjau Tokopedia selama dua tahun, tim kami memiliki keyakinan kuat bahwa Tokopedia bisa Taobao Indonesia. Softbank Ventures Korea akan mendukung Tokopedia tidak hanya dengan menyediakan modal pertumbuhan, tetapi juga dengan memberikan pengalaman perdagangan internet di negara maju.”

Tokopedia memang mengungkapkan kalau mereka ingin menjadi Taobao asal Indonesia beberapa waktu lalu dan kini harapan itu sepertinya mungkin bisa tercapai dengan kucuran dana ini. Tokopedia sendiri terus bertumbuh dan mendapat investasi secara konsisten setiap tahunnya dimulai dari  2010 (East Ventures), 2011 (CyberAgent Ventures), 2012 (NetPrice), dan 2013 (Softbank).