Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Tower Bersama Siap Akuisisi Menara Operator Telekomunikasi

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (Tower Bersama) menyatakan bahwa saat ini persero telah menyiapkan dana untuk mengakuisisi menara telekomunikasi mengakui saat ini pihaknya tengah menyiapkan dana untuk mengakuisisi tower operator telekomunikasi. Demikian diungkap Presiden Direktur Tower Bersama Herman Setya Budi. 

Menurut Herman, untuk berapa nilai belanja modal yang disiapkan untuk membeli menara telekomunikasi, pihaknya tidak bisa menyebutkan angkanya. "Namun pada prinsipnya secara keuangan kita siap," tutur Herman usai RUPS Tower Bersama di Jakarta. Tower Bersama sendiri, hingga akhir Desember 2012, telah memiliki dan mengoperasikan 8.439 site BTS dengan 13.708 penyewaan.

"Jika memang ada yang akan menjual tower telekomunikasi, kita siap untuk membelinya. Setelah itu, nantinya akan dijual kembali sebagai tower bersama," tandas Herman.

Walapun tidak menyebutkan berapa belanja modal yang disiapkan, namun Herman mengungkapkan bahwa Tower Bersama masih memiliki dana dari penerbitan obligasi yang sudah diterbitkan sebelumnya sebesar 300 juta dolar AS (setara Rp.2,91 triliun) dan kas internal perseroan. "Kami masih punya dana dari obligasi dan ada beberapa program perusahaan untuk pinjaman ke bank," tambah Herman.

Pernyataan Herman nampaknya agak berbeda dengan pernyataan perusahaan mengenai hasil obligasi 300 juta dolar AS. Sebab sebelumnya disebutkan oleh Helmi Yusman Santoso, hasil obligasi digunakan untuk membayar (re-financing) utang sebesar 243 juta dolar AS pada tahun ini. Menurut Helmi, utang yang di-refinancing merupakan bagian dari program utang (debt program) senilai 2 miliar dolar AS  di luar debt program. 

Refinancing akan menguntungkan perseroan, karena sumber dananya berasal dari global bond yang tidak memiliki amortisasi dan berbunga tetap. "Dana global bond yang dialokasikan untuk me-refinancing utang maksimal 81 persen. Adapun sisanya untuk mendanai keperluan umum perseroan,” kata Helmi.