Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Transaksi QRIS on Delivery, Belanja Jadi Makin Praktis di Lazada

MAJALAH ICT – Jakarta. Pembayaran digital QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) menjadi salah satu metode pembayaran yang kian sering digunakan masyarakat. Cara transaksi yang mudah dengan memindai kode QR dan bisa digunakan dengan berbagai aplikasi dompet digital dan mobile banking menjadi alasan meningkatnya penggunaan QRIS. Seiring dengan komitmen untuk menyediakan platform berbelanja online yang aman dan nyaman serta memanfaatkan potensi yang ada pada metode pembayaran QRIS, Lazada Indonesia (Lazada) memperkenalkan QRIS on Delivery atau metode pembayaran dengan pemindaian kode QR sebagai salah satu opsi pembayaran non tunai bagi pelanggannya.

Menurut data Bank Indonesia (BI), pada Desember 2022 jumlah pengguna QRIS di Indonesia mencapai 28,75 juta, jumlah ini meningkat 15,95 juta pengguna dibandingkan akhir 2021. BI memperkirakan jumlah pengguna QRIS akan terus meningkat ke depannya karena didukung dengan peningkatan jumlah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang memfasilitasi pembayaran QRIS di Indonesia. Saat ini PJSP yang sudah terdaftar di BI sebanyak 98 perusahaan, baik bank dan non-bank.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo mengatakan, “Lazada menjadi platform e-commerce pertama di Indonesia yang menghadirkan pembayaran digital QOD atau QRIS on Delivery untuk berbagai aplikasi dompet digital maupun aplikasi mobile banking yang ada di Indonesia, bagi pelanggan yang memilih pembayaran di tempat atau yang dikenal sebagai sistem COD.”

Meski sistem COD masih menjadi pilihan pelanggan dalam melakukan transaksi di Lazada, menurut Ferry, banyak pelanggan yang terkadang belum atau lupa menyiapkan uang tunai saat barang datang dan menyebabkan gagal pengiriman. “Lazada selalu berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bertransaksi bagi pelanggan, termasuk yang memilih pembayaran di tempat dan karena itu Lazada menghadirkan QRIS on Delivery sebagai tambahan pilihan pembayaran non tunai dengan QRIS sekaligus menjadi solusi kemudahan sistem pembayaran bagi pelanggan,” tambah Ferry.

Sebelumnya, Lazada telah berkolaborasi dengan dompet digital DANA untuk menyediakan layanan pembayaran digital QRIS bagi pelanggan yang memilih pembayaran non tunai. QRIS on Delivery dapat dilakukan di 80 kota di Indonesia, tempat Lazada Logistics beroperasi. Kurir akan memberikan pilihan pembayaran ini saat mengantarkan barang ke pelanggan. Cukup pindai QRIS dengan berbagai aplikasi dompet digital dan mobile banking yang mendukung pembayaran QRIS, termasuk dengan aplikasi DANA.

“Adanya QRIS on Delivery menjadikan pengiriman barang jadi semakin efisien dan aman. Pelanggan cukup pindai dan bayar sesuai dengan harga yang harus dibayarkan, dan kurir bisa lebih cepat dalam melakukan pengiriman paket ke pelanggan,” tutup Ferry.