Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Transformasi Industri Telko Menjadi Kekuatan Baru Dunia Teknologi, Berkat VMware

MAJALAH ICT – Jakarta. Mobile World Congress 2022, 2 Maret 2022 – VMware mengumumkan peluncuran serangkaian produk serta kemitraan bersama pada perhelatan akbar Mobile World Congress 2022 sebagai bentuk komitmennya dalam mendukung penyedia layanan memodernisasi jaringan dan memonetasi layanan-layanan baru dengan cepat. VMware juga mengumumkan sejumlah inovasi mutakhir di ranah aplikasi-aplikasi modern, RAN, hingga edge.

“Gencarnya pembangunan jaringan 5G di seluruh dunia saat ini mendorong terciptanya layanan-layanan baru yang akan membawa transformasi pada cara kita bekerja dan dalam kehidupan sehari-hari manusia,” tutur Sanjay Uppal, senior vice president and general manager, Service Provider and Edge, VMware. “Pendekatan multi cloud yang diterapkan oleh VMware membantu pelanggan dalam menghadirkan sesuatu yang unik di era yang sarat dengan dinamika ini. Pendekatan ini mendukung mereka dalam menggelar inovasi di infrastruktur-infrastruktur inti, RAN, edge maupun cloud, yang memungkinkan dihadirkannya layanan-layanan canggih yang akan mendorong bisnis mereka makin melesat jauh ke depan.”

Transformasi Aplikasi Modern di Ranah Industri Telko
Penyedia layanan telko kini makin gencar dalam melakukan modernisasi di jaringan, sebagai upaya dalam mengoptimalkan fungsi-fungsi jaringan secara virtual maupun cloud-native. VMware Telco Cloud Platform menjadi pilihan bagi banyak penyedia layanan sebagai fondasi bagi infrastruktur mereka. Berkat platfrom tersebut, fungsi operasional meningkat pesat, hingga ke level-level di atasnya. Berikut beberapa perusahaan telko yang telah memanfaatkan VMware Telco Cloud Platform untuk kebutuhan tersebut.

Millicom saat ini tengah berkolaborasi bersama VMware dalam menerapkan unifikasi jaringan mereka yang selama ini dianggap silo, kemudian berpindah ke fungsi-fungsi jaringan yang telah tevirtualisasikan dan terkontainerkan. Simak pengumumannya untuk informasi yang lebih detil.
Safaricom memilih VMware Telco Cloud Platform dalam membangun jaringan greenfield mereka di Ethiopia. Simak pengumumannya.

Dalam kesempatan yang sama, Vmware juga mengumumkan kemitraannya dengan sejumlah perusahaan dalam merampingkan proses pengujian dan validasi solusi-solusi yang dikembangkan oleh pihak ketiga di atas Telco Cloud Platform. Sebagai contohnya adalah kemitraan antara Dell, Oracle bersama VMware berhasil mengembangkan sebuah desain yang telah tervalidasi sebagai cetakbiru dalam membangun inti 5G yang kokoh dan berskalabilitas tinggi pada sebuah infrastruktur yang berstandar industri. Solusi ini bisa memangkas waktu dalam proses penggelaran jaringan, karena waktu yang dibutuhkan untuk mendesain, menguji, dan mengintegrasikan komponen yang berasal dari mitra-mitranya kini menjadi jauh lebih singkat. Simak pengumuman dari Dell tersebut di tautan ini.

Disagregasi RAN
Tak bisa dimungkiri, bahwa modernisasi RAN kini makin menjadi prioritas kebutuhan bagi para penyedia layanan. Tidak sedikit penyedia layanan yang tengah dalam proses transisi dari vRAN menuju Open RAN. Bahkan, sebagian yang lain juga tengah gencar dalam membuat perencanaan terkait ini. Untuk mewujudkannya, mereka berkolaborasi dengan sejumlah vendor RAN agar proses tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini.

VMware berkolaborasi dengan ekosistem vendor RAN lebih luas lagi dalam melakukan pengujian dan validasi interoperabilitas solusi-solusi mereka dengan VMware Telco Cloud Platform RAN. Langkah ini ditempuh agar para penyedia layanan tak perlu repot melakukan hal tersebut sendiri, cukup menjalankan dan mengelola fungsi-fungsi RAN dari beragam vendor yang ada di platform yang memang dikembangkan dan dioptimalkan untuk RAN. Berikut sejumlah kemitraan strategis VMware yang terjalin dengan mitra-mitra strategis RAN.

HCL, yang telah menjadi mitra VMware sejak 2008, kini melakukan perluasan portofolio layanan infrastruktur terkelola miliknya yang didukung dengan teknologi milik VMware. Kini mereka juga menyediakan dukungan untuk VMware Telco Cloud – 5G Core dan VMware Telco Cloud RAN. Simak informasi mengenai bagaimana kolaborasi mereka kini menjadi lebih luas lagi di di sini.
Samsung telah merampungkan proses pengujian vRAN software (vDU, vCU) miliknya di Telco Cloud Platform.

Programabilitas Jaringan
Pada infrastruktur O-RAN, RAN Intelligent Controller atau RIC menjadi host bagi aplikasi-aplikasi yang mendukung beragam kapabiltas baru, seperti automasi, optimalisasi jaringan dan kustomisasi layanan. Kini produk ini telah tersedia secara luas. VMware RIC mampu meng-host aplikasi-aplikasi yang hampir real-time (xApps) maupun yang bukan aplikasi-aplikasi real-time (rApps) yang dikembangkan oleh ekosistem pengembang perangkat lunak pihak ketiga yang kini makin luas.

Banyak penyedia layanan modern yang menjalin kolaborasi dengan VMware dalam melakukan uji coba dan implementasi VMware RIC di jaringan mereka. Salah satunya adalah Vodafone yang baru saja merampungkan proof-of-concept untuk membuat penggunaan spektrum menjadi lebih efisien. Mereka juga menjalankan satu aplikasi baru dari Cohere Technologies, bernama Spectrum Multiplier, tepatnya di atas VMware RIC yang terhubung ke Capgemini 5G RAN. Hasilnya adalah: Vodafone mengalami efisiensi pada penggunaan spektrum 5G hingga dua kali lipat —sekaligus efisiensi pada kapasitas sel di BTS. Ini tercapai berkat penggunaan Cohere xApp intelligence. Simak kisah sukses O-RAN Vodafone melalui tulisan-tulisan berikut.

Programibilitas jaringan tak terbatas pada RAN saja. Solusi Arrcus untuk routing yang telah tevirtualisasikan ini, yakni Arrcus ACE 2.0, kini bisa lintas operasi dengan VMware Telco Cloud Platform. Dengan ini, programabilitas jaringan meningkat dan kini para penyedia layanan mampu menjangkau lebih luas lagi bahkan hingga ke edge. Di ruang pameran VMware yang terdapat di helatan Mobile World Congress 2022, SoftBank memamerkan bagaimana solusi ini mampu mendukung mereka mewujdkan visi 5G Mobile User Plane.

Proses Transisi ke Edge
Pelanggan kelas enterprise kini tengah aktif memindahkan workload aplikasi mereka ke edge. Mereka berharap nantinya 5G dapat mempercepat perjalanan yang mereka tempuh tersebut. Termasuk dalam menjadikan private 5G sebagai fondasinya. Hal ini yang membuat VMware gencar melakukan kolaborasi dengan sejumlah mitra dalam menghadirkan solusi untuk jaringan privat agar mampu melayani para penyedia layanan. Dengan dukungan ini, mereka nantinya akan mampu menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen.

Salah satu wujud komitmen tersebut, salah satunya adalah terjalinnya kemitraan antara ASOCS, Druid dan VMware yang bersama-sama meluncurkan desain untuk jaringan private mobile yang sudah mereka validasi bersama. Berkat ini, kini pelanggan bisa menikmati keamanan, ketangguhan, serta konektivitas 5G di edge. ASOCS CYRUS RAN dan Druid Raemis Core, yang telah dijalankan di VMware Edge Compute Stack, kini mampu menghadirkan solusi Private 5G yang unggul. Simak mengenai desain tervalidasi yang kami usung dalam kemitraan bersama ASOCS dan Druid melalui tautan berikut ini.

Ada lagi bentuk kemitraan yang lain. STL, ASOCS dan VMware bersama-sama memperkenalkan solusi 5G untuk pelanggan enterprise yang menawarkan infrastruktur RAN baik yang on-premise, sudah tevirtualisasikan secara penuh, maunpun Open RAN. Solusi ini berupa sel 5G cerdas dalam ruangan yang menampilkan STL Garuda. Solusi ini bisa di-host bersama dengan infrastruktur IT di perusahaan di dalam server-server commercial off-the-shelf (COTS), sehingga bisa menyatu dengan infrastruktur yang telah terbangun selama ini di perusahaan.

Para penyedia layanan juga akan menambahkan VMware SASE ke dalam portofolio solusi terkelola milik mereka sebagai bentuk dukungan kepada pelanggan agar dapat berinovasi di edge dengan cepat.
BT nantinya akan menawarkan solusi VMware SASE kepada pelanggan globalnya dalam bentuk layanan terkelola, yang memadukan kapabilitas BT yang luar biasa di bidang jaringan serta keunggulan teknologi VMware dalam menghadirkan keamanan secara mendalam. Simak pengumumannya melalui tautan ini.
MetTel nantinya akan menawarkan solusi SASE terkelola yang didukung oleh VMware SASE. Informasi lebih detil mengenai pengumuman ini akan dikabarkan lebih lanjut di hari Selasa, tanggal 1 Maret.
Verizon juga akan menambahkan VMware SD-WAN ke dalam portofolio layanan global terkelola SD-WAN miliknya. Simak pengumuman dari Verizon di tautan ini.

VMware di Mobile World Congress
Saat ini solusi VMware multi-cloud bisa disaksikan di Mobile World Congress stand – Hall 3, Stand 3M11. Kunjungi online media kit yang memuat informasi detil mengenai pengumuman-pengumuman VMware di perhelatan tersebut, sekaligus menyediakan demo secara on-demand, testimoni pelanggan, peningkatan kemitraan, serta masih banyak lagi lainnya.