Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Transformasi Menuju Digital Tidak Bisa Ditunda Lagi

MAJALAH ICT – Jakarta. Transformasi menuju digital tidak bisa ditunda lagi. Demikian ditegaskan Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Pangerapan pada Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Semarang di Dinas Pemuda dan Olahraga Semarang, Sabtu (12/11/2016).

"Pemerintah memiliki Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang akan mendukung visi Indonesia menjadi negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada 2020," kata Semmmy. Disebutkan oleh Samuel bahwa dengan jumlah pengguna Internet sebanyak 132 Juta, maka peluang market sangat besar untuk transformasi digital. "Sekarang sistem telah terbangun, logistik juga tersedia dan programmingnya lebih gampang. Gojek muncul dengan konsep simple untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Untuk itu kita perlu gali ide brilian untuk memberi solusi bagi masalah masyarakat." tambah Samuel.

Presiden Joko Widodo sendiri telah menetapkan ekonomi digital sebagai salah satu pilar bangsa. "Kita jangan cuma jadi penonton dan konsumen. Tapi harus memaknai ekonomi digital sebagai pemain dengan membawa karya kita ke global." jelas Chief Executive Kibar Kreasi Indonesia Yansen Kamto.

Selanjutnya Yansen menambahkan bahwa untuk memulai Startup, para peserta harus memikirkan masalah apa yang ada disekitar dan menawarkan solusi permasalahan tersebut. "Tidak perlu khawatir akan kesamaan ide, karena pada dasarnya tidak ada ide baru di dunia dunia ini contohnya Friendster, Facebook dan Twitter. Yang penting bagaimana eksekusi dari masalah yang ada." ungkap Yansen.

Tahap Ignition Semarang ini dihadiri oleh 200 peserta yang telah disaring dari 600 pendaftar secara online. Mereka akan mengikuti sesi panel diskusi yang melibatkan pembicara yang ahli di bidangnya. Pada sesi pertama "Enterpreneurial Mindset" diisi oleh Yansen Kamto; Sesi ‘Think Like a Founder" oleh Founder Jaringan Rumah Usaha Ilik Sas dan CEO Reblood Leonika Sari; Sesi Social Impact+ Disruptive Information Chief of Activist FemaleDev Alamanda Santika; dan Sesi "Bold, Bright and Brave: Stories of Building Dreams" oleh Bima Said, Managing Editor Goal.com Asia.