Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Uji Coba Teknologi 5G Samsung, Kecepatan Tembus 7,5 Gbps

MAJALAH ICT – Jakarta. Perkembangan teknologi telekomunikasi memang cepat sekali. Baru saja Indonesia mengadopsi teknologi 3G pada 2006, tak berapa lama muncul teknologi 4G dengan LTE nya. Dan sementara baru ada satu operator di Indonesia yang adopsi 4G, kini teknologi 5G sudah dalam tahap uji coba.

Uji coba 5G mutakhir dilakukan oleh Samsung. Dari hasil uji coba, kecepatan teknologi jaringan mobile generasi kelima Samsung, tenryata bisa mencapai 30 kali lebih cepat dari kecepatan koneksi 4G LTE. Terungkap, kecepatan dari hasil tes 5G mencapai 7,5 Gigabyte per detik (Gbps) atau bila dalam satuan megabyte setara dengan 940 megabyte per detik (Mbps). Bila kecepatan ini dipraktikan, setidaknya pengguna perangkat bisa mengunduh satu film full-HD kurang dari 10 detik.

Kecepatan teknologi 5G pernagkat buatan Samsung ini masih merupakan tahap uji coba awal dan belum jadi standarisasi tetap untuk kecepatan 5G. Sekedar informasi, standarisasi kecepatan LTE 4G saat ini ialah 75Mbps, yang umum digunakan operator seluler di sejumlah negara.

"Kami akan terus membangun hasil ini dan mengembangkan teknologi canggih yang berkontribusi terhadap standar 5G. Apapun itu ketika Anda berbicara tentang perangkat mobile, cloud, atau Internet of Things, permintaan untuk standar telekomunikasi 5G dan teknologi pendukungnya akan terus berkembang.” kata Kepala R&D Samsung Electronics Chang Yeoong Kim.

Samsung melakukan uji coba 5G ini pada band frekuensi 28 GHz. Tentu saja spektrum frekuensi ini belum dapat digunakan untuk jaringan komersil saat ini karena jangkauan cakupannya yang tidak terlampau luas.