Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Uni Eropa Hilangkan Biaya Roaming ke Seluruh Eropa, ASEAN 2014

MAJALAH ICT – Jakarta. Komisi Eropa akan menghilangkan biaya roaming ponsel di seluruh Eropa sebagai bagian dari reformasi pasar telekomunikasi. Rencana itu akan mengurangi tarif konsumen dan menyederhanakan birokrasi perusahaan telekomunikasi. 

Dalam rencana itu, perusahaan dilarang menarik tarif untuk telpon masuk dari Juli 2014. Semua tarif roaming akan dibatalkan pada 2016. Penyedia layanan telekomunikasi kemudian akan menarik tarif konsumen dengan harga yang sama untuk semua panggilan ke seluruh Uni Eropa atau menyediakan pilihan bagi mereka untuk beralih operator saat berada di luar negeri, tanpa mengubah kartu SIM. 

Reformasi merupakan rencana paling ambisius dalam 26 tahun di pasar telekomunikasi. Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Barroso, seperti dikutip BBC mengatakan, usulan penghapusan roaming sendiri disampaikan pelanggan dan operator. "Pasar tunggal Eropa merupakan kemajuan untuk telekomunikasi, serta  penting untuk kepentingan dan peningkatan  ekonomi Eropa," kata Barroso.

Selain Eropa, menurut rencana penghapusan roaming di kawasan ASEAN juga akan dimulai di 2014. Para Menteri, termasuk Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, telah pula menandatangani keputusan ASEAN yang dilakukan di 2011 lalu ini menuju ASEAN Connectivity pada 2015.