Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Untuk 5G Diusulkan Pakai Frekuensi di Atas 24 GHz

MAJALAH ICT – Jakarta. US Federal Communications Commission (FCC) mengusulkan aturan baru untuk membuka mobile broadband dan potensi spektrum di atas 24 GHz. Diusulkan, frekuensi yang akan dipakai adalah 28 GHz, 37 GHz, 39 GHz, dan band 64-71 GHz.

Frekuensi tersebut secara lisensi tradisional adalah tanpa izin, dan pendekatan bersama yang menyediakan akses untuk area lokal dan jaringan luas. Aturan ini diharapkan dapat menciptakan peraturan dimana teknologi mobile generasi berikutnya bisa bertahan.

Sebelumnya diasumsikan bahwa ada batasan fisik dan teknologi untuk mendukung layanan mobile di band ini. Namun, sekarang perkembangan baru INI memungkinkan penggunaan frekuensi yang tinggi untuk aplikasi mobile seperti layanan 5G. "Dengan kapasitas lebih signifikan dan kecepatan yang lebih cepat untuk layanan mobile generasi berikutnya," demikian pernyataan FCC.

Proposisi juga menyediakan jalur untuk berbagai platform dan kegunaan, termasuk satelit, untuk hidup berdampingan dan berkembang melalui mekanisme berbasis pasar. Untuk itu FCC meminta pendapat mengenai layanan, perizinan, dan aturan teknis untuk memfasilitasi penggunaan fleksibel dalam band ini serta pada band-band lain di atas 24 GHz yang dapat dianggap sebagai solusi di masa depan.

"Dengan mengambil tindakan ini sekarang, komisi mulai membangun kerangka untuk melanjutkan secara paralel dengan perkembangan teknologi untuk menjaga kecepatan dan membantu mobile dan teknologi nirkabel lainnya di masa depan berkembang," katanya.