Search
Kamis 13 Juni 2024
  • :
  • :

Untuk Kemudahan Pengusulan Program USO dari Pemda, Kominfo Sediakan Aplikasi E-USO

 

MAJALAH ICT – Jakarta. Direktorat Pengembangan Pita Lebar telah menerapkan sebuah aplikasi yang bernama Aplikasi E-USO, yaitu aplikasi penanganan proposal KPU/USO yang digunakan sebagai rekapitulasi dan basis data proposal pengajuan/usulan program Kewajiban Pelayanan Universal (KPU/USO) bagi seluruh Pemda dan Kementerian/Lembaga RI (sebagai pengguna). Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menambahkan usulan, mengetahui data usulan yang baru masuk, terverifikasi, dan diterima menurut kategori-kategori tertentu. Aplikasi ini mencakup data usulan pembangunan menara seluler (BTS), data usulan pengadaan akses internet dan data usulan lainnya. Aplikasi E-USO dapat diakses di portal www.ditpitalebar.kominfo.go.id/e-uso.

Dijelaskan Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza, saat ini terdapat 34 Provinsi di Indonesia ataupun K/L sudah mengusulkan ke Kominfo baik program penyediaan BTS ataupun akses internet. “Dari tahun 2015 hingga tahun 2016 usulan penyediaan BTS sejumlah 948 lokasi dan usulan akses internet sejumlah 1923 lokasi,” katanya.

Dijelaskannya, pada awalnya pengusulan program KPU/USO dilakukan secara manual, yaitu Pemerintah Daerah menyerahkan proposal usulan dan kelengkapannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika cq. Direktorat Pengembangan Pitalebar, Ditjen PPI. Dan selanjutnya, program Pembangunan BTS dan Penyediaan Akses Internet dapat diusulkan secara on line.

“Adapun Latar Belakang disusunnya aplikasi ini adalah menghindari terjadinya penipuan terhadap pengusulan Program USO dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, memudahkan pengusulan program USO secara online dan melalui satu pintu oleh setiap Kabupaten sehingga tidak terjadi duplikasi usulan dari Kabupaten yang sama sekaligus memudahkan pemantauan progress usulan program USO oleh Pemda dan Transparansi kepada pengusul. Diharapkan dengan diterapkan aplikasi E-USO, maka setiap Pemda dan K/L yang mengusulkan dapat memantau usulannya, Kominfo juga telah melakukan Bimtek aplikasi ini pada awal Desember 2016 di Yogyakarta,” jelas Noor.

Ditambahkannya, saat ini Kominfo melalui Direktorat Pengembangan Pitalebar sudah mengirimkan surat pemberitahuan ke Pemda terkait pemberian akun pengunaan aplikasi E-USO untuk masing – masing Kabupaten. Adapun Kabupaten yang sudah merespon terdapat 126 Kabupaten yang sudah memberikan akun. Dinas Kominfo Provinsi diharapkan lebih aktif dalam mengkompilasi data akun masing – masing Kabupaten untuk dikirimkan ke Ditjen PPI cq Direktorat Pengembangan Pitalebar. Dan selanjutnya akun tersebut digunakan untuk melakukan pengusulan secara online melalui aplikasi E-USO.

Dari uji coba yang dilakukan Majalah ICT, aplikasi ini memerlukan username dan password untuk masuk ke dalam aplikasi. Namun, tidak tersedia fasilitas registrasi untuk mendapatkan username dan password yang dimaksud. Sehingga nampaknya hanya diperuntukan bagi sudah terdaftar lebih dulu sebelumnya.