Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Untuk Proses Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi, Kominfo Gandeng Telkom

MAJALAH ICT – Jakarta. Direktorat Jenderal Sumberdaya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan operator telekomunikasi memberikan sertifikasi perangkat telekomunikasi. Inisiasi pelaksanaan kerjasama itu ditandai dengan penyerahan Sertifikat Penetapan Balai Uji Divisi Digital Service (DDS) PT Telkom Indonesia di Bandung Digital Village PT Telkom, Bandung.

Dirjen SDPPI Ismail mengatakan melalui kerjasama diharapkan terjadi reorientasi Balai Standardiasasi. ”Kami (Kementerian Komifo.red) ingin melakukan reorientasi bagi balai standarisasi terhadap dua hal, pertama Kominfo akan lakukan pengujian-pengujian yang fokusnya untuk melindungi masyarakat. Item-item tersebut yang diyakini bukan barang sampah yang dianggap bisa menggangu kesehatan.”

Hal kedua, menurut Ismail pemerintah ingin menjadikan balai standarisasi sebagai menjadi pintu untuk produk dalam negeri agar dapat bersaing di pasar luar negeri. “Misalnya ada Pasar Myanmar, Philipina, Kamboja. Dilingkup wilayah regional yang sebenarnya menunggu produk Indonesia karena produk Indonesia itu dianggap advantage karena lebih mudah pengrimannya dan sudah ligimated,” katanya.

Ismail mengakui, Kementerian Kominfo tidak akan mungkin melakukan uji terhadap perangkat telekomunikasi karena produk uji itu sangat banyak. “Balai Uji Kominfo tidak mungkin lakukan sendri dan akan berbagi dengan DDS Telkom. Kita akan mendiskusikannya dengan Pihak DDS Telkom. Fokus-fokus tertentu mana dari DDS Telkom tidak lagi ada duplikasi. Fokus uji yang sudah bisa DDS Telkom berikan, Kominfo tidak lakukan. Fokus yang tidak ada di DDS Telkom, Kominfo akan lakukan penekanan,’’ tandas Ismail.

Pada bagian akhir Dirjen SDPPI mengatakan kerjasama itu sangat penting bagi proses pengembangan Balai Uji Kominfo. “Balai Uji Kominfo ingin belajar banyak dari DDS Telkom utamanya bisnis proses. Kominfo juga membutuhkan pelatihan dan akan membuat otomasi metode pengujian tersebut. Dan jika dimungkinkan Kominfo akan magang untuk mempelajari kondisi DDS Telkom,” jelasnya.

Penyerahan sertifikat diserahkan langsung oleh Dirjen SDPPI Ismail kepada Excecutive General Manager DDS PT Telkom Arif Husain yang disaksikan para senior leader PT Telkom. Turut hadir pada acara itu Plt. Dit Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Hadiyana dan Kasubdit Penetapan Standarisasi Gunarto.