Search
Jumat 19 Juli 2024
  • :
  • :

Wahai Politisi, Iklan Politik Anda akan Diblokir Twitter

MAJALAH ICT – Jakarta. Twitter membuat langkah berani untuk melarang semua iklan politik dari platformnya. “Kami percaya jangkauan pesan politik harus diperoleh, bukan dibeli,” kata CEO Jack Dorsey.

Dalam serangkaian tweet, Dorsey menyoroti beberapa kekhawatiran raksasa media sosial tentang membiarkan platform iklannya digunakan untuk tujuan politik.

“Pesan politis didapat ketika orang memutuskan untuk mengikuti akun,” kata Dorsey. “Membayar untuk jangkauan menghilangkan keputusan itu, memaksa pesan politik yang sangat dioptimalkan dan ditargetkan pada orang-orang.” Dorsey khawatir bahwa Twitter dapat digunakan untuk memengaruhi hasil pemilu.

“Sementara periklanan internet sangat kuat dan sangat efektif untuk pengiklan komersial, kekuatan itu membawa risiko signifikan bagi politik, di mana ia dapat digunakan untuk mempengaruhi suara untuk mempengaruhi kehidupan jutaan orang,” kata Dorsey.

Dorsey juga mengambil jab yang tidak terlalu halus pada keputusan Facebook (NASDAQ: FB) baru-baru ini untuk mengecualikan iklan politik dari proses pengecekan fakta.

“Tidak kredibel bagi kita untuk mengatakan: ‘Kami sedang bekerja keras untuk menghentikan orang-orang dari bermain-main dengan sistem kami untuk menyebarkan informasi yang menyesatkan, tetapi jika seseorang membayar kami untuk menargetkan dan memaksa orang untuk melihat iklan politik mereka … well … mereka dapat mengatakan apa pun yang mereka inginkan! ‘”Kata Dorsey.

Dorsey dengan cepat mencatat bahwa mungkin ada konsekuensi negatif dari menghapus iklan politik dari platform media sosial.

Beberapa orang mungkin berargumen bahwa tindakan kita hari ini dapat menguntungkan petahana. Tetapi kami telah menyaksikan banyak gerakan sosial mencapai skala besar tanpa iklan politik. Saya percaya ini hanya akan tumbuh.

Dorsey juga meminta regulator untuk membantu mengatasi situasi ini. Menurutnya, Twitter membutuhkan peraturan iklan politik yang lebih berpandangan ke depan (sangat sulit dilakukan). Persyaratan transparansi iklan mengalami kemajuan, tetapi tidak cukup. Internet menyediakan kemampuan yang sama sekali baru, dan regulator perlu berpikir melewati hari ini untuk memastikan medan bermain yang merata.

Dorsey mengatakan bahwa Twitter akan mengumumkan kebijakan terakhir mengenai iklan politik pada 15 November. Perusahaan akan mulai memberlakukan kebijakan baru pada 22 November.