Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Waspada Aplikasi Berbayar Android Tipu-Tipu

MAJALAH ICT – Jakarta. Pengguna sistem operasi Android nampaknya perlu waspada. Maksud hati menggunakan aplikasi anti virus untuk Android, dan dikenakan bayaran, namun ternyata aplikasi tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana diharapkan. 

Ini yang terjadi dengan aplikasi Virus Shield. Aplikasi yang baru diupload pada 28 Maret lalu mendapat keluhan dari banyak pengguna. Aplikasi ini sudah diunduh oleh 30 ribuan orang dengan harga 3,99 dolar AS atau sekitar Rp. 46 ribu. Aplikasi ini menjanjikan untuk menjejak virus pada ponsel Android tanpa mengurangi masa hidup baterai. Aplikasi ini bahkan mendapatkan review dengan lima bintang.

Namun apa yang terjadi? Ternyata anti virus ini tidak bekerja sama sekali. Ketika diuji, tidak ada kode tambahan dalam aplikasi sehingga memang tidak bisa melakukan apa-apa. Alhasil, aplikasi ini sudah ditarik dan developer nya dicekal untuk bisa menawarkan aplikasi lainnya.

Developer nya sendiri, Deviant Solution, membela diri bahwa pengembang mereka melakukan kesalahan yang bodoh. "Aplikasi yang versinya diunggah bukan merupakan aplikasi yang seharusnya dirilis. Terjasi kerancuan antar versi mana yang berisi anti virus dan mana yang baru tahap awal perancangan Kamipun menarik aplikasi dari marketplace, namun akun kami sudah di-suspend lebih dulu oleh Google Play sehingga perubahan aplikasi tidak bisa diunggah," bela Jessse Carter dari Devian Solution.

Entah benar atau tidak, namun memang modus jawaban seperti itu sudah standar jika ‘penipu’ ketahuan atau ditangkap. Sehingga, baiknya pengguna Android berhati-hati untuk mengunggah aplikasi apalagi yang berbayar.