Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Waspada Email Phising Sasar Pengguna Bank Mandiri

MAJALAH ICT – Jakarta. Nasabah Bank Mandiri, khususnya yang menggunakan internet banking, waspadalah. Saat ini sedang bergentayangan email yang mengatasnamakan Bank Mandiri, namun ujung-ujungnya adalah phising dan akan merugikan nasabah.

Email yang dikirimkan dari ib@bankmandiri.co.id berisikan file phising bankmandiri-updateleo.html. Email phising ujung-ujungnya adalah akan mengambil data akses pengguna. Jika mengklik lampiran link yang diberikan maka pengguna akan diarahkan pada link yang berisi seolah-olah ada upgrading sistem.

"Sahabat Mandiri yang Budiman, Kami sedang meng-upgrade sistem perbank-kan online kami untuk meningkatkan performa dan menambah fitur layanan untuk kenyaman bertransaksi anda. Kami mohon maaf apabila untuk sementara layanan Online banking anda tidak dapat digunakan. Silahkan Klik tautan berikut untuk mengupgrade account anda, https://mib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form (Bisnis) https://ib.bankmandiri.co.id/sme/common/login.do (Personal). Supaya diperhatikan, apabila anda gagal mengupgrade account anda, maka secara otomatis layanan Online banking anda di tutup. Untuk pengguna rekening bisnis, silahkan forwad email ini kepada yang bersangkutan guna menyelesaikan pembaharuan data yang diminta. Hormat Kami, Mandiri Customer Care," demikian bunyi email dengan halaman yang menyerupai akses ke internet banking Mandiri.

Jika pengguna mengklik link yang diberikan, disinlah phising itu dipasang. Seolah-olah yang tertulis adalh link ke perbankan Mandiri, namun url link sesungguhnya ke situs jebakan yang dibuat penipu untuk menjerat nasabah Bank Mandiri. Dengan memasukkan data akses internet banking, maka penipu akan menyimpannya di data base dan akan menguras isi rekening yang bisa dilakuka secara langsung atau menungg nasabah lengah.

Berhati-hatilah.

""