Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Waspada, Setelah ‘Mama Minta Pulsa’ Kini ada ‘Anak Minta Pulsa’

MAJALAH ICT – Jakarta. Penipuan menggunakan teknologi informasi khusus telepon seluler, kian hari kian selain mengganggu juga makin beragam jenis penipuannya. Bagi pengguna ponsel yang tidak cermat, bukan tidak mungkin korban-korban penipuan yang jatuh akan bertambah banyak. seperti SMS penipuan yang seolah-olah berasal dari anak yang minta pulsa untuk internet.

Modus ini merupakan modus baru. Beberapa tahun terakhir, modus penipuan minta pulsa didominasi oleh ‘Mama Minta Pulsa’, SMS yang seolah-olah dari Mama yang sedang di kantor polisi atau pusat perbelanjaan, kehabisan pulsa dan minta ditransfer.

""Karena nampaknya pengguna ponsel sudah waspada, meski korban yang jatuh juga cukup banyak, kini modus berubah dengan mengatasnamakan anak. Dari SMS yang diterima Majalah ICT, pengirim SMS seolah-olah anak dan menyebar SMS secara acak ke semua pengguna ponsel ke semua operator. Isinya, sang anak meminta pulsa dengan alasan untuk mengakses internet karena ada tugas yang harus diselesaikan. Nampaknya, SMS ini memanfaatkan kondisi anak yang menggunakan ponsel atau tablet untuk akses internet dan sedang tidak berada bersama orang tua, yang ternyata hanya penipuan belaka. 

Waspadalah…waspadalah…