Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Waspada, Situs Berita Online Dipalsukan

MAJALAH ICT – Jakarta. Anda pembaca berita media online pelru berhati-hati. Pasalnya, kini beberapa situs berita online Indonesia dipalsukan dan diisi dengan berita-berita bohong serta cenderung fitnah. Nampaknya, kehadiran media online bodong ini sebagai imbas dari Pilpres. 

Dari pantauan Majalah ICT, situs yang dipalsukan antara lain kompas.comantaranews.comdetik.com, tempo.cotribunnews.com, beritasatu.com dan inilah.com. Di situs palsu tempo.com–news.com tercantum berita berjudul "37 Hacker Korea dan cina Gelembungkan 4 Juta Suara Golput". Padahal di situs aslinya, tempo.co, tak ada berita berjudul seperti itu. Ada juga berita "Ketua KPU Ditetapkan Tersangka", padahal tidak pernah ada lembaga hukum menetapkan Husni Kamil Manik sebagai tersangka. Kemudian, yang terbaru adalah mengenai kenaikan BBM dalam tulisan berjudul "Belum Apa-apa Tim Jokowi Usulkan BBM Naik 40%".

Situs berita palsu ini menggunakan URL tambahan berupa "–news.com". Misalnya,  liputan6.com menjadi liputan6.com–news.com, kemudian Detik.com menjadi detik.com–news.com, tempo.co dipalsukan menjadi tempo.com–news.com. Semua informasi yang ditampilkan berisi berita palsu soal hasil pemilu presiden.

Dari tampilan, ke-7 media online yang dipalsu, jelas penampilannya amat sangat berbeda. Sebab di situs palsu ini, semua tampilan seragam, hanya gambarnya saja dibuat berbeda.

Begitupun kanal berita yang juga tampak tak ada dalam situs palsu tersebut. Di sisi kanan situs palsu itu, terdapat daftar berita. Jika diklik, berita itu akan mengantar pengunjungnya ke situs lain yang juga dipalsukan. Isi dari situs palsu ini yang hanya berputar-putar mengenai Pilpres.