Search
Sabtu 13 April 2024
  • :
  • :

Windows XP dan Microsoft Office ‘End’ 2014, UKM Perlu Modernisasi TI

MAJALAH ICT – Jakarta. Dukungan Microsoft untuk Windows XP dan Office 2003 akan berakhir pada 8 April 2014. Karena itu, Microsoft menghimbau ribuan usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh kawasan Asia Pasifik untuk memodernisasi infrastruktur TI mereka, sebelum berakhirnya dukungan Microsoft tersebut.

Untuk menyukseskan program ini, Microsoft melakukan beberapa pendekatan, mulai dari siaran webcast bersama Intel dan Forrester Research, penawaran harga menarik Get2Modern untuk pembelian Windows 8 Pro dan Office 2013 melalui program Open License, penawaran upgrade perangkat notebook dan tablet Windows 8 Pro, serta Get2Modern SME IT Makeover contest tingkat nasional dan tingkat regional Asia Pasifik.

UKM yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan penawaran ini adalah perusahaan dengan jumlah PC di bawah 50 unit. Melalui inisiatif ini, Microsoft ingin memberikan manfaat lebih serta insentif bagi UKM dalam memaksimalkan kinerja sistem TI mereka.

Director Small Medium Solutions & Partner, Microsoft Indonesia, Amalia Fahmi mengatakan, hampir 99,9% organisasi bisnis di Indonesia diwakili oleh UKM. Mereka, kata Amalia, merupakan tulang punggung ekonomi karena melibatkan banyak tenaga kerja dan memberi kontribusi yang signifikan terhadap produktivitas ekonomi, kinerja ekspor, serta pendapatan negara. "Sayangnya, banyak UKM masih berkutat dengan teknologi dan proses TI yang usang, sehingga tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan kolaborasi, produktivitas, adaptasi bagi tenaga kerja lintas-generasi, serta keamanan sistem. Melalui upaya ini, kami ingin mengajak UKM beralih dari teknologi Windows XP dan Office 2003 yang sudah usang, untuk meraih produktivitas lebih tinggi, keamanan sistem lebih baik, serta manfaat dari layanan komputasi awan yang efisien biaya,” jelas Amalia.

Ditambahkannya, UKM yang masih menggunakan Windows XP dan Office 2003 perlu mengetahui bahwa Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan untuk produk-produk ini, sehingga mereka akan menghadapi risiko keamanan, privasi, serta kompatibilitas perangkat lunak, tanpa dapat meminta bantuan siapa pun, sehingga berakibat pada downtime dan biaya kepemilikan (total cost of ownership atau TCOyang lebih tinggi.

Karena itu pula, sejak awal bulan ini, Microsoft mengundang pebisnis UKM di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Get2Modern SME IT Makeover Contest yang memberi kesempatan memodernisasi kegiatan bisnis mereka dengan perangkat notebook dan tablet Windows 8 Pro, dukungan Office 365 Small Business Premium, dengan layanan migrasi secara gratis, senilai 6.000 USD.

Pemenang di setiap negara juga mendapat kesempatan menjadi pemenang di tingkat Asia Pasifik, yang akan dipilih dengan sistem vote pada bulan Juli 2013 untuk memenangkan hadiah senilai 9.000 USD berupa software Microsoft, perangkat notebook, tablet, serta layanan migrasinya. UKM yang berminat dapat mengunggah video atau foto dari tempat mereka bekerja saat ini, serta mengisi formulir isian online untuk menjelaskan mengapa mereka tertarik untuk memodernisasi sistem TI mereka dengan Windows 8 dan Office 2013. Kompetisi Get2Modern SME IT Makeover Contest ini berlangsung hingga 15 Juni 2013.