Search
Rabu 8 Februari 2023
  • :
  • :

WIR Group Hadirkan Pengalaman Web3 dan Metaverse di Ajang B20 dan G20

MAJALAH ICT – Jakarta. PT WIR Asia Tbk, [WIR Group] perusahaan pengembang teknologi berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) terkemuka di Asia Tenggara menghadirkan pengalaman yang imersif di Nusameta Pavilion. Eksibisi yang salah satunya menampilkan prototipe ekosistem mertaverse Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Luh Made Wiratmi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Bali, mewakili Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, bertempat di Bali Collection ITDC Nusa Dua. Sebagai pengejawantahan dari evolusi internet dan web 3.0, WIR Group saat ini sedang membangun ekosistem metaverse Indonesia yang dinamakan Nusameta dengan mengedepankan kearifan lokal. Nusameta ini nantinya diharapkan mampu menjadi gerbang ke berbagai pengalaman digital serta potensi ekonomi baru.

Kehadiran Nusameta Pavilion, mampu memberikan gambaran umum bagaimana platform metaverse dengan semua basis teknologinya (AR, VR dan AI) bisa menjembatani bisnis dan konsumen, yang akan menjadi pintu gerbang ke berbagai pengalaman digital dan potensi ekonomi. Pengembangan dari platform ini juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group, dalam pembukaannya mengatakan “Inklusivitas merupakan kata kunci dalam pengembangan platform Nusameta ini, sehingga kami berharap semua masyarakat dapat dengan mudah ikut serta merasakan kehadiran Nusameta melalui berbagai gawai yang dimiliki seperti handphone ataupun PC. Secara kolaboratif, WIR Group sebagai perusahaan teknologi kreatif dapat membentuk perilaku, mendefinisikan produk inovatif baru, dan membangun jaringan di antara komunitas wirausaha, untuk memperkuat dan menciptakan kembali dunia bisnis inovatif masa depan di Indonesia” ujar Gupta.

Gupta menambahkan “Pengunjung nantinya dapat mencoba banyak hal terkait teknologi web 3.0 dan metaverse, termasuk merasakan sendiri pengalaman extraordinary di dalam Nusameta Pavilion mulai dari langkah awal, yaitu pembuatan avatar menggunakan mesin DAV yang merupakan bagian dari ekosistem O2O (offline to online) WIR Group di mana semua orang dapat mengekspresikan diri mereka dengan cara baru dan menarik.” Pernyataannya merujuk pada penggunaan avatar yang bisa dibuat atau disesuaikan sesuai dengan keinginan untuk merepresentasikan diri setiap individu. Ekosistem Nusameta memungkinkan mereka berinteraksi dengan sesama pengunjung lewat avatar, dan mengeksplorasi dunia virtual di Nusameta.

Sebagai platform ekosistem yang inklusif, Nusameta Pavilion menghadirkan pengalaman ini dengan dukungan dan kolaborasi bersama CAKAP, Bank Mandiri, BNI, BRI, Alfamart, Alfamind, Beanspot, Hydro coco by Kalbe Nutritional, Shila at Sawangan, Tropicana Slim by Nutrifood dan Pegadaian Digital.

Lewat Metacourse, Cakap Beri Pendidikan Berkualitas dan Metode Pembelajaran Interaktif

Cakap, salah satu edutek terkemuka di Indonesia, senantiasa berinovasi untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik bagi pengajar dan muridnya. Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi Cakap untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam virtual booth platform e-learning CAKAP, pengunjung dapat melihat bagaimana metaverse dapat diimplementasikan pada sektor pendidikan serta bagaimana sistem pembelajaran daring interaktif memanfaatkan platform teknologi metaverse akan kian menarik dan memberikan pengalaman baru yang berbeda.

Mandiri, Beyond Banking, Selangkah Lebih Awal Menuju Metaverse

Bank Mandiri menjadi salah satu institusi perbankan Indonesia yang telah memiliki visi untuk melangkah lebih jauh dalam hal menuju layanan digital. Oleh karena itu, Bank Mandiri turut berpartisipasi masuk ke dalam platform ekosistem metaverse bersama dengan Nusameta Pavilion.

Pada virtual booth Bank Mandiri pengunjung Nusameta dapat melihat sendiri potensi layanan perbankan di dunia metaverse, mulai dari berbagai features seperti virtual booth hingga layanan yang bersifat beyond banking yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

BNI, Siap Ekspansi Menuju Dunia Metaverse
Bank BNI sebagai pionir perbankan digital di Indonesia juga berkomitmen membantu pengembangan transformasi digital di Indonesia melalui metaverse. Melalui penggabungan Virtual Reality, Augmented Reality, dan Artificial Intelligence, BNI di dalam ekosistem metaverse Indonesia akan memberikan pengalaman baru bagi nasabah untuk menikmati layanan perbankan digital yang akan menghubungkan dunia nyata dan virtual secara imersif agar memberikan pengalaman yang menarik bagi nasabah. Para pengunjung bisa merasakan pengalaman menjadi nasabah ini ketika berkunjung di virtual booth Nusameta Pavilion.

Bank BRI melalui BRImo, Siap Masuk Layanan Bank di Metaverse
Bank BRI memberikan terobosan yang memungkinkan nasabah untuk mendapat akses layanan perbankan di ruang virtual dari mana saja dan kapan saja.

Pada virtual booth yang ditampilkan oleh Bank BRI di Nusameta Pavilion, pengunjung dibawa untuk merasakan pengalaman layanan digital dengan dukungan teknologi berbasis Augmented Reality, dan Virtual Reality serta Artificial Intelligence yang kedepannya akan membuat inovasi layanan perbankan lebih imersif.

Alfamart, Pionir Industri Retail dalam Ekosistem Metaverse
Industri retail Indonesia tidak lagi memiliki keterbatasan. Hal ini yang ditunjukkan oleh Alfamart dengan ikut menjadi bagian ekosistem Nusameta dalam meningkatkan pelayanan, terutama dalam menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan bergabungnya Alfamart dalam ekosistem, ini menunjukkan dukungan industri retail dalam memajukan perekonomian di Indonesia.
Di virtual booth Alfamart, pengunjung Nusameta Pavilion akan mendapatkan gambaran bagaimana teknologi digital telah membawa pola baru bagi bisnis termasuk perubahan dalam pola konsumen berbelanja yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Kalbe Nurtritionals, Membangun Ekosistem Edukasi Nutrition for Life di platform Nusameta
Presiden Direktur PT Sanghiang Perkasa, Ongkie Tedjasurja mengatakan, “Inovasi sangatlah diperlukan termasuk mengambil bagian di dalam berkembangnya dunia digital terutama dunia metaverse. Hal ini kami lakukan untuk membangun ekosistem Nutrition for Life sesuai dengan misi KALBE Nutritionals, sehingga kami dapat semakin efektif dan efisien dalam memahami kebutuhan konsumen, serta tentunya memberikan layanan dan edukasi tanpa batas kepada para konsumen kapan pun dan di mana pun mereka berada. Hal ini menjadi jembatan bagi KALBE Nutritionals untuk memberikan masyarakat khususnya generasi milenial, pengalaman dalam merasakan layanan serta produk nutrisi terbaik untuk bersama-sama menyehatkan bangsa hingga generasi ke depan.”

Bagi KALBE Nutritionals, memberikan masyarakat, khususnya generasi milenial, pengalaman dalam merasakan layanan serta produk nutrisi terbaik untuk bersama-sama menyehatkan bangsa hingga generasi ke depan adalah penting sesuai dengan misi KALBE Nutritionals. Kalbe membangun ekosistem Nutrition for Life, sehingga pelayanan dapat menjadi semakin efektif dan efisien dalam memahami kebutuhan konsumen, serta tentunya memberikan layanan dan edukasi tanpa batas kepada para konsumen kapan pun dan di mana pun mereka berada. Selain itu, melalui kehadiran KALBE Nutritionals di dunia metaverse, akan memberikan edukasi dan menyediakan nutrisi untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) termasuk edukasi dan nutrisi bagi kaum muda, dewasa, hingga orang tua. Inilah yang nantinya akan ada di virtual booth Kalbe di Nusameta Pavilion, yang juga akan memberikan pengalaman di dunia metaverse dan akan berbeda serta unik bagi konsumen.

Shila at Sawangan, Property Developer Pertama di Indonesia yang Masuk ke Metaverse

Shila at Sawangan, merupakan pengembang properti pertama di Indonesia yang serius merambah dunia metaverse. Shila at Sawangan melihat pasar yang begitu terbuka lebar dari para generasi milenial dan keluarga baru, sehingga merambah ke dunia virtual metaverse. Di booth ini, pengunjung dapat melihat bagaimana konsep metaverse diterapkan, antara lain melihat rencana yang sedang dikembangkan serta model perumahan modern, dan memantau perkembangan terkini dari Shila – semuanya di dunia virtual metaverse.

Tropicana Slim (Nutrifood), Hadir di Metaverse untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan

Nutrifood melalui Tropicana Slim, menghadirkan bagaimana konsep pelayanan dalam metaverse sehingga dapat semakin efektif dan efisien dalam memahami kebutuhan konsumen.

Melalui Metaverse (dunia yang sedang menarik perhatian anak muda), Tropicana Slim ingin meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai kesehatan, khususnya kesadaran akan pentingnya melawan diabetes dengan memilih produk yang mendukung cara hidup yang lebih sehat. Tropicana Slim setiap tahun mengadakan acara dalam rangka World Diabetes Day, di tanggal 12-13 November 2022 serentak di 20 kota di Indonesia.

Aplikasi Pegadaian Digital, Jangkau Anak Muda lewat Metaverse

Di virtual booth Pegadaian Digital, pengunjung akan disajikan gambaran bagaimana perubahan pada pelayanan Pegadaian dari konvensional ke digital dapat dihadirkan melalui metaverse. Dengan masuknya Pegadaian Digital ke dalam dunia metaverse, menunjukkan kesiapan Pegadaian Digital untuk merambah dunia Web3 dan menjangkau generasi yang lebih muda. Diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dan pelayanan yang lebih maksimal kepada konsumen, melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *