Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Wisatawan Tiongkok Naik, Kementerian Pariwisata Buktikan Kesuksesan Kerja Sama dengan Baidu

MAJALAH ICT – Jakarta. Jumlah kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia naik menjadi 1.141.330 atau meningkat 27,3 persen dari tahun sebelumnya. Kementerian Pariwisata menganggap, hal ini merupakan bukti kesuksesan kerja sama mereka dengan Baidu, perusahaan pencarian asal Tiongkok. Kemenpar pun ingin melanjutkan kerja sama yang dimulai dari tahun lalu ini.

“Jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Indonesia berhasil meningkat, bahkan Bali mengalami peningkatan 43,3 persen. Pencarian kata kunci Bali Island meningkat sebesar 45 persen dan pencarian kata kunci Indo Travel meningkat sebesar 11 persen,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. Tidak hanya itu, impresi dan ketertarikan masyarakat Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia pun mengalami kenaikan.

Menurut manta Direktur Utama PT Telkom ini, saat ini gaya hidup masyarakat telah berubah, menjadi gaya hidup digital. Gaya hidup digital memiliki ciri mobile, personal interaktif. Kemenpar menganggap, media digital memiliki efektivitas yang lebih tinggi dari media tradisional. Dan mengenai pariwisata, media digital bisa digunakan untuk melakukan pencarian, pemesanan dan pembayaran. Di Tiongkok orang akan lebih banyak menggunakan Baidu mengingat Google tidak ada di sana.

Melalui Baidu, Kementerian Pariwisata memanfaatkan Baidu Search Engine, Display Ads dan Baidu Travel, serta Baidu Maps dan OTP Qunar. Dua platform tersebut dianggap dapat memberikan edukasi dengan efektif pada masyarat Tiongkok terkait wisata Indonesia. Dengan Baidu Maps, ini merupakan peta digital yang bisa digunakan di perangkat Android dan iOS. Sama seperti Google Maps, aplikasi ini juga dapat menampilkan rekomendasi jenis transportasi yang bisa digunakan oleh pengguna. Baidu menyebutkan, saat ini, aplikasi tersebut memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulannya.