Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Xbox One Resmi Diluncurkan, Dan Livingstone Jadi Pembeli Pertama di Dunia

MAJALAH ICT – Jakarta. Xbox One akhirnya resmi diluncurkan di sejumlah negara. Di antara 13 negara peluncuran, Australia menjadi negara pertama di dunia yang menjual secara resmi Xbox One dimana Dan Livingstone mendapat kehormatan sebagai pembeli pertama Xbox One di dunia. Dan sendiri mendapat ucapan khusus dari Wakil Presiden Microsoft, Phil Harrison, melalui akun Twitter nya. "Selamat kepada Dan Livingstone dari New Zealand- Anda adalah pemilik Xbox One pertama di planet ini," kicau Phil melalui akun @MrPhilHarrison.

Di belahan dunia lain, di New York, Gareth Owen menjadi pemilik pertama yang rela bertahan dalam udara dingin demi mendapatkan Xbox One. Kedua pembeli itu mendapatkan Xbox One dengan kaset FIFA 14 yang sudah dipasangkan pada setiap unit yang dijual. Sedangkan di Inggris, Charlie Pulbrook pembeli opertama konsol games terbaru besutan Microsoft tersebut. 

Peluncuran Xbox One kali ini lebih besar dan lebih meriah. Pesta peluncuran dilangsungkan di beberapa kota besar di dunia, seperti New York, Los Angeles, London, Berlin, Paris, Wina, Sao Paulo, Toronto dan Sydney.

Di New York, Microsoft menampilkan hiburan di sepanjang jalan. Uniknya, di New Zealand, unit pertama Xbox One yang terjual ditempatkan di dalam air pada sebuah akuarium besar yang dijaga oleh seekor hiu macan. Akuarium ini akan diperlihatkan kepada pengunjung saat peluncuran tengah malam. Microsoft menentukan bahwa Xbox One tersebut merupakan Xbox One pertama yang telah terjual.

Diperkirakan, puluhan hingga ribuan toko di 13 negara akan membuka pintunya saat tengah malam sebagai tanda dipasarkannya Xbox One pada 22 November. Beberapa acara di kota besar juga akan disiarkan melalui Xbox Live dan Spike TV.

Microsoft mengklaim bahwa Xbox One kini menjadi lebih cepat hingga 1,75 GHz dibanding sebelumnya. Performa yang meningkat ini juga menjadi alasan bagi Microsoft untuk menjual konsel ini 100 dolar lebih mahal daripada PS4. 

Sementara itu, Liquid black akan menjadi warna utama bagi semua komponen Xbox One. Demikian diungkap Lisa Gurry dalam tulisan "Designing Xbox One. Lisa Gury adalah Editor Xbox Wire.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar konten di televisi mendominasi ruang keluarga. Warna liquid black merupakan warna hitam yang paling hitam yang bisa didapatkan. "User interface overlay pada warna yang sama dari hitam pekat sehingga konten pada dashboard lebih hidup dan lebih mudah untuk menavigasi dan berinteraksi. Bahkan kontroler nirkabel juga menggunakan warna liquid black untuk meningkatkan visibilitas," tulis Gurry. 

Sementara itu, keluhan yang mengemuka dari pencinta Xbox One, dimana sedikitnya harus terkoneksi ke internet sekali dalam waktu 24 jam, ditanggapi Micorosfot dengan mengubah kebijakan harus terkoneksi ke internet hanya sekali di awal saja, mendapat respons positif dari masyarakat.

Pre-order untuk Xbox One di Amazon mengungguli Sony PlayStation 4,  padahal sejak acara E3 di mana baik Sony maupun Microsoft memperkenalkan konsol masing-masing, PS4 mengungguli Xbox One. Di acara tersebut Microsoft mengumumkan harga Xbox One yakni 499 dolar atau Rp. 5 juta, sementara Sony PlayStation 4 hanya sekitar Rp. 4 jutaan.

Menurut Chief Product Officer Xbox Marc Whitten, salah satu alasan utama mengapa Microsoft akhirnya mencabut peraturan ini adalah perusahaan mulai menyadari bahwa peraturan tersebut dapat menjadi penghalang bagi konsumen yang ingin membeli konsol yang akan dijual dengan harga sekitar Rp. 5 jutaan ini.

Namun begitu, Marc menegaskan, bahwa perubahan kebijakan tidak akan diikuti perubahan harga dari Xbox One. Dijelaskan Marc, salah satu alasan mengapa Microsoft dengan berkeras dengan harga 499 dolar AS tersebut adalah karena konsol ini memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki perangkat merk lain, seperti Kinect, alat pengontrol gerak dan suara. "Kami sangat-sangat memperhatikan nilai yang akan kami hadirkan di hari pertama peluncuran nanti," katanya.