Search
Jumat 19 Juli 2024
  • :
  • :

XL Axiata dan Universitas Garut Jalin Kerjasama Pemanfaatan Teknologi

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama dengan Universitas Garut (UNIGA) guna meningkatkan manfaat Tri Dharma perguruan tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Melalui kerjasama ini, mahasiswa UNIGA bisa memanfaatkan teknologi, jaringan dan layanan telekomunikasi XL Axiata sebagai sarana belajar dan pengabdian masyarakat. Nota kesepakatan kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, IPU dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini di kampus UNIGA.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan,”Merupakan kehormatan bagi kami di XL Axiata bisa kerjasama dengan UNIGA, kerjasama ini memberi manfaat untuk meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai kewenangan dan ruang lingkup yang ada pada masing-masing pihak pada penyelenggaraan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya institusi. Harapan kami, XL Axiata bisa menciptakan manfaat yang lebih besar bagi UNIGA dan mahasiswa yaitu memanfaatkan teknologi digital untuk proses belajar mengajar mahasiswa, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui teknologi, jaringan dan layanan telekomunikasi khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kepada masyarakat agar dapat lebih mandiri dan berkembang.

Dian menambahkan XL Axiata memilih kerjasama dengan Universitas Garut karena universitas yang terletak di kabupaten di Jawa Barat ini, memberikan peluang untuk pengembangan sumber daya manusia kedepannya yang siap menuju dunia kerja. Tentu saja XL Axiata sangat terbuka bagi siapa saja, termasuk perguruan tinggi jika hendak meningkatkan mutu pendidikan memanfaatkan teknologi XL Axiata untuk mempermudah generasi muda kita belajar guna meningkatkan kompetensi mereka di era digital.

Sementara itu, Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, IPU berharap kerjasama yang dilakukan bersama XL Axiata, adanya program magang dan kerja praktik dari XL Axiata, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan praktis dan memperoleh pengalaman langsung di lapangan menciptakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga lulusan Universitas Garut siap kerja dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan permintaan pasar.

Kerjasama yang sudah terjalin selama ini, diharapkan tidak dalam jangka pendek, tetapi dapat berkelanjutan dan terus berkembang di masa depan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNIGA dengan materi “Menuju Dunia Kerja Berbasis Digital’. Dian Siswarini dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa dalam pengembangan karir, penting bagi mahasiswa untuk skillfull atau menguasai bidangnya masing-masing yang dilengkapi dengan skill tambahan seperti digital, agile, dan kemampuan komunikasi yang baik. Dian juga menyerukan agar mahasiswa memanfaatnya secara optimal program magang di perusahaan-perusahan agar bisa menjadi modal dalam berkarir setelah lulus kedepannya.

Kuliah umum juga menampilkan Human Capital Expert XL Axiata, Putri Lintang dengan materi “Woman Empowerment”. Putri Lintang menyampaikan bahwa peran dan kontribusi perempuan di dunia karir semakin hari semakin bertambah baik di bidang saintek, sosial humaniora, bahkan di bagian teknologi. Putri Lintang mengajak seluruh mahasiswi Universitas Garut untuk mengeksplore segala potensi, memanfaatkan berbagai program dari kampus atau eksternal misalnya bergabung organisasi, mengikuti perlombaan, dan juga memanfaatkan program magang di berbagai perusahaan atau institusi. Yang terpenting dari perempuan adalah mengenali kemampuan dirinya, mengembangkan dengan berbagai peluang, dan mengimplementasikan ilmunya.

Kuliah umum yang dihadiri sekitar 100 mahasiswa dari berbagai jurusan, rektor, dekan, dan pengurus universitas ini, diharapkan para mahasiswa dapat menambah wawasan mereka terutama yang terkait soft skills dan hal lain yang dapat menunjang kebutuhan akademis mereka.