Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

XL Dirikan 8 Lini Bisnis di Luar Suara dan SMS

MAJALAH ICT – Jakarta. Pertumbuhan layanan digital di dunia teknologi dan telekomunikasi terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini telah menciptakan peluang yang besar bagi PT XL Axiata Tbk (XL) untuk terus mengembangkan berbagai inovasi layanan digital. Saat ini XL Digital Services telah mendirikan delapan lini bisnis di luar Voice, SMS, dan layanan internet, dengan 55 portofolio yang terus berkembang. 

Sejumlah layanan digital yang terus dikembangkan oleh XL, diantaranya layanan XCloud, M2M, XL Tunai (M-Payment), Mobile Advertising, Mobile Content dan sebagainya. Layanan-layanan tersebut terbukti mendapatkan respon yang positif dari pelanggan dan masyarakat. Dalam 2 tahun terakhir ini, layanan Digital Services XL telah melayani lebih dari 300 pelanggan korporat, dan didukung oleh lebih dari 6000 mitra kerja (partner).

Direktur Digital Services XL Dian Siswarini mengatakan, "Kami melihat beragamnya inovasi layanan-layanan digital XL sebagai salah satu potensi dan sarana terbaik untuk mendekatkan XL dengan pelanggan. Hal ini ditunjang dengan tingginya penetrasi mobile phone dan pengguna internet di Indonesia yang mencapai 20-30%. Sesuai dengan komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pelanggan, kami berharap layanan-layanan ini dapat memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan”.
 
Delapan lini bisnis yang dikembangkan XL antara lain Digital Entertainment (musik, games, jejaring sosial, dan video), Mobile Advertising (M-Ads) atau layanan iklan melalui ponsel, Mobile Payment (M-Payment) yang merupakan layanan dompet virtual yang melekat di nomor ponsel, dan Mobile Banking (M-Banking) yang menyediakan jasa perbankan melalui ponsel. XL Digital Services juga meluncurkan Machine to Machine (M2M), sebuah solusi yang menyediakan sarana komunikasi antar perangkat, Cloud atau komputasi awan yang dapat menyimpan data, pengolahan aplikasi, dan penyediaan infrastruktur, Business Development, dan juga layanan e-commerce, Elevenia, cara baru belanja online.
 
Sementara itu, di tahun 2014 Digital Services akan memperkuat layanan Data Center di Surabaya, Pekanbaru, dan Jakarta (Bintaro). XL Digital Services juga meluncurkan situs e-commerce, elevenia, yang merupakan hasil joint venture dengan SK Planet asal Korea Selatan. Untuk produk baru di tahun 2014, XL Digital Services akan meluncurkan gudang aplikasi, serta meluncurkan program untuk mendukung kemajuan di desa-desa melalui XLXmart Village.