Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

XL Dirikan Perusahaan Baru Bersama SK Planet, Mau Bisnis E-Commerce?

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata Tbk (XL) mengumumkan pembentukan dan pendirian perusahaan patungan bersama SK Planet Co Ltd. Pembentukan usaha patungan baru ini ditujukan untuk lebih mendukung kegiatan usaha utama perseroan sebagai penyedia layanan telekomunikasi.

Menurut Corporate Secretary XL Axiata Murni Nurdin dalam keterbukaan informasi di Bursa efek Indonesia, dalam pembentukan perusahaan baru ini kedua belah pihak sepakat untuk menyetorkan modal awal sebesar 18,3 juta dolar AS atau sekitar Rp. 17,8 miliar dengan porsi kepemilikan saham masing-masing adalah sebesar 50%.

"Secara umum tujuan pembentukan parusahaan [patungan] ini, untuk meningkatkan pangsa pasar layanan digital, mendatangkan pendapatan baru serta memperkuat merek XL di industri telekomunikasi Indonesia," kata Murni. Ditambahkan, perusahaan yang dibentuk melalui skema kerjasama Joint Venture Agreement (JVA) itu, akan beroperasi secara komersial dengan memperhatikam ketentuan dan persetujuan badan regulasi terkait.

Perjanjian JVA tersebut bukan merupakan transaksi material maupun transaksi afiliasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Bapepam.

SK Planet merupakan anak perusahaan SK Telekom, Korea Selatan. Pada Oktober 2011, SK Planet mereorganisasi T Store dna juga meluncurkan Qiip, toko aplikasi di Jepang. Selain itu, SK Planet juga memberikan layanan periklanan, portal internet, Location Based Services, musik, media baru maupun marketing intelligence. Maret lalu, SK Planet baru saja meluncurkan E-Commerce di Turki.