Search
Sabtu 13 April 2024
  • :
  • :

XL Disaksikan Menkominfo Siap Layani Komunikasi APEC

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata Tbk (XL) menyakan kesiapannya untuk memberikan layanan komunikasi berkualitas dalam penyelenggaraan Asia Pacific Economic Cooperation(APEC) 2013 di Bali. Kesiapan XL tersebut setelah jaringan diuji coba oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Pada kesempatan tersebut Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi memberikan penjelasan kepada Menkominfo mengenai kesiapan XL. Menkominfo pun mencoba layanan XL 4G LTE. 

Sebagai operator yang mendapat kepercayaan dari pemerintah sebagai mitra penyedia layanan telekomunikasi pada APEC ini, XL menyediakan sejumlah fasilitas telekomunikasi dan pendukung lainnya untuk melayani kebutuhan berbagai pihak yang terkait dengan hajatan besar tersebut. 

Untuk keperluan KTT APEC, secara khusus XL telah meningkatkan kapasitas jaringan di beberapa lokasi yang akan mendukung APEC. Khusus di area Nusa Dua, XL telah menyiagakan 45 BTS 2G dan 51 BTS 3G. Area Nusa Dua ini juga telah secara terlayani 3G secara penuh. Selain tempat konferensi, di kawasan ini XL juga meningkatkan coverage di hotel-hotel yang menjadi tempat menginap terkait APEC. "Kami juga menambah kapasitas jaringan 2G dan 3G yang sudah ada, serta menambah kapasitas transmisi," kata Hasnul.

Dijelaskan Hasnul, pihaknya juga melakukan persiapan khusus di Bandara International Ngurah Rai, yang akan menjadi pintu masuk kedatangan para tamu APEC. Jaringan XL di Bali telah menjangkau seluruh kecamatan yang ada. Sementara untuk layanan 3G, sudah meng-cover seluruh kabupaten/kota. 

Hasnul yakin, dengan dukungan infrastruktur jaringan yang memadai seperti itu, kualitas layanan XL di Bali sangat memadai untuk berkomunikasi baik untuk layanan data maupun voice/SMS guna mendukung hajatan besar APEC ini.