Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Yang Perlu Diketahui Tentang HTC First

MAJALAH ICT – Jakarta. HTC dan Facebook mengumumkan smartphone HTC First di tengah spekulasi besar bahwa Facebook akan membuat ponsel. Ada yang perlu banyak diketahui tentang smartphone ini karena ponsel cerdas ini tidaklah seperti smartphone yang diluncurkan seperti biasanya. Ada beberapa hal yang perlu diketahu mengenai HTC First ini.

Facebook Home: Ini mungkin salah satu aspek yang paling penting dari HTC First. Ini akan membawa hal yang unik dan baru layar ‘home’ untuk ponsel ini secara default (sudah ada jadi tidak perlu mengunduh dan mengubah tampilan awal secara manual) dan akan memberikan pengguna pengalaman lebih jauh  aplikasi Facebook tidak seperti sebelumnya. Idenya dasarnya adalah memiliki Facebook dengan tidak mempedulikan aplikasi yang digunakan.

Bila telepon terbuka (unlocked), maka pengguna disuguhi gambar teman mereka yang baru diunggah dan dapat digeser-geser serta dapat memberikan komentar atau kasih jempol (like this) seperti yang ada pada aplikasi facebook pada umumnya. Konsep ini tentunya merupakan perlawanan terhadap konsep wallpaper yang selama ini ada, sepang orang mendapatkan apa yang mereka cari. Sebab jika tidak, akan membuat pengguna terganggu privasinya karena harus membaca atau melihat hal-hal yang tidak perlu. Bagi Facebook, memang ini yang diharapkan di tengah kebosanan pengguna Facebook, sehingga Facebook Home ini akan menjadi tema dari ponsel berbasis Android.

Chatting Heads: Ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi lain dan mendapat notifikasi chat, pengguna dapat dengan menggeseknya untuk mengabaikan notifikasi atau menerima pesan yang dikirimkan. Ini merupakan multitasking yang cukup baik dan bekerja sempurna seperti ditunjukkan saat demo pengenalan HTC First ini. 

""

App Drawer: Seperti mungkin telah Anda lihat juga, pada layar utama (home) akan ada lingkaran kecil di bagian bawah dengan wajah Anda di dalamnya. Sentuhan pada lingkaran kecil ini akan membawa pengguna ke layar aplikasi dan dapat juga ke homescreen dengan menggeseknya.

Spesifikasi: HTC First berlayar 4,3-inci HD dengan 1,4 GHz dual core Qualcomm Snapdragon 400 chipset serta Adreno 305 GPU dan 1GB RAM. Dalam HTC First dibenamakn juga 5 MP kamera sensor di bagian belakang dan 1,6 MP di bagian depan untuk potret diri. Smartphone ini mengunakan ba

terai 2.000 mAh. Sistem operasi yang dipakai menjalankan Facebook Home ini adalah Android 4,1 Jelly Bean. HTC dan Facebook telah menegaskan bahwa mereka telah membuat banyak perubahan terhadap sistem operasi untuk bisa menjalankan layanan Facebook Home tersebut. 

Harga dan Ketersediaan: HTC First akan siap dipasarkan di Amerika Serikat pada 12 April mendatang. Belum ada kejelasan mengenai kapan produk ini akan memasuki pasar Indonesia. Sementara harga jual HTC First diperkirakan sekitar  449.99 dolar AS atau hampir Rp. 5 juta.