Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

YLKI Desak Indosat Beri Ganti Rugi Akibat Jaringan yang Tumbang

MAJALAH ICT – Jakarta. Layanan Indosat yang sebelumnya lumpuh dinyatakan telah kembali normal sejak semalam. Para pelanggan Indosat, untuk layanan selular maupun layanan Korporasi berbasis data, diklaim telah dapat menikmati kembali layanan yang diberikan, karena seluruh layanan telah pulih dan kembali normal.

Meski telah pulih, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Indosat untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan yang terkena dampak gangguan jaringan. "Gangguan jaringan tersebut melanggar hak konsumen. Dengan gangguan itu, proses komunikasi konsumen terganggu," ujar pengurus harian YLKI, Tulus Abadi. 

Dijelaskan Tulus, pemberian kompensasi sangat penting karena sektor telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Dengan demikian, setiap gangguan bisa menghambat aktivitas konsumen. Kompensasi yang diberikan oleh Indosat bisa dengan mengganti pulsa yang tidak bisa digunakan oleh konsumen. "Mengenai jumlahnya, Indosat harus menunggu perhitungan dari konsumen. Dan konsumen sebaiknya menghitung, selama proses tidak bisa berkomunikasi, berapa potensi pendapatan yang hilang," sarannya.

Sementara itu, Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, mengatakan pihaknya selalu mengedepankan para pelanggan kami, sejak tadi malam kami sudah melakukan analisa dan perbaikan sehingga saat ini semua sudah kembali normal. Secara pribadi, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia Indosat yang tetap setia bersama kami,” ujar Alex. 

Sebagaimana diketahui, sejak pukul 01.25 Kamis dini hari, Indosat  telah mengalami masalah pada sistem jaringan secara nasional yang telah memberikan gangguan kepada para pelanggan Indosat. Adapun gangguan tersebut mempunyai dua dampak utama yang berakibat pada, masalah yang pertama, diakibatkan oleh error pada IP Router Table ke jaringan internasional sehingga menyebabkan benturan IP Address, namun masalah ini sudah dapat diselesaikan pada pukul 03.45 dini hari tadi. 

Dan masalah yang kedua, terdapat pada layanan sistem jaringan nasional baik seluler maupun korporasi yang mengakibatkan gangguan komunikasi, namun hal ini telah teratasi secara total pada saat pernyataan ini dikeluarkan. 

Indosat sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia menjamin bahwa gangguan tersebut bukan karena adanya aktifitas yang berhubungan  dengan pembajakan layanan data dan seluler. 

Mirza Helmi, Group Head Customer Experience Project mengatakan, "Jika pelanggan masih merasakan ketidaknyamanan dalam menggunakan layanan kami, dapat meneruskan keluhannya melalui beberapa saluran layanan untuk pelanggan antara lain untuk Layanan Selular di 111 dari nomor Matrix, – atau di – 100 dari nomor Mentari dan IM3, layanan twitter kami di @indosatcare atau email customer_service@indosat.com. Sedangkan untuk Layanan Korporasi, pelanggan dapat menghubungi 021-30008686 atau alamat email corporatesolution@indosat.com dan mobile.corporate@indosat.com," terangnya.