Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Zalora Dikabarkan Mulai PHK Karyawannya

MAJALAH ICT – Jakarta. Zalora Indonesia, sebagai salah satu e-commerce fashion yang juga memiliki ‘outlet’ di beberapa negara, dikabarkan mulai melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan-karyawannya, terutama di bagian perdagangan barang (merchandise). Disebut-sebut, alasan pemectan dikarenakn Zalora terlalu agresif memasuki pasar Indonesia.

Meski belum ada pernyataan resmi dari Zalora Indonesia, namun Rocket Internet yang berada di belakang nampaknya memang sedang melakukan perhitungan terhadap bisnis jual pakaian secara online ini. Gerai mereka di Taiwan, Zalora Taiwan, ditutup hanya satu sejak sejak situs perdagangan elektronik mereka diluncurkan. 100 orang terkena PHK dan situs Zalora Taiwan menyatakan bahwa mereka tidak lagi melayani perdagangan onilne. Namun, alasan yang dipakai alasan memidahkan basis operasi dari Taiwan ke Singapura. Mereka juga menolak, seperti dikutip dari Techcrunch.com, apabila dikatakan bangkrut.

Zalora sendiri sebelumnya memiliki cabang di tujuh negara di Asia Tenggara. Dana yang mereka miliki 26 juta dolar AS. Dan berdiri mulai Mei 2012. Untuk pasar Indonesia, belanja online untuk pakaian memang tidak tergolong baru. Beberapa penjual batik telah memulainya sejak beberapa tahun lalu, melalui situs online maupun jejaring sosial seperti Facebook.

Namun, pakaian memang hal yang bersifat pribadi, terutama ukuran. Banyak yang pesan pakaian secara online kecewa karena ukuran tidak pas dan jika mengembalikan harus mengeluarkan biaya ekstra. Selain ukuran, dalam banyak kasus, kualitas tidak seperti yang diharapkan. Walaupun, sampaia saat ini, banyak yang masih eksis juga dengan penjualan baju muslim, baju anak-anak secara online. Dengan tentunya menjaga kepercayaan kualitas dan layanan purna jual.