Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Apple Rilis MacBook Air Super Tipis

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple Incorporation kembali merilis komputer jinjing terbaru. Kali ini perusahaannya Steve Jobs itu meluncurkan versi baru MacBook Air yang terbagi dalam dua tipe, yakni dengan ukuran layar 11,6 inci dan 13 inci. Setelah sebelumnya merilis sistem operasi iOS 7 dan OS X Maverick di WWDC 2013, kini Apple menjawab sudah pertanyaan gadget yang akan menggunakan sistem operasi baru rancangan mereka.

Perusahaan yang dimajukan Steve Jobs ini baru saja merilis produk terbaru di jajaran Macbook Air mereka. Apple Macbook Air ini akan mempertahankan desain dari para pendahulunya, namun akan disediakan fitur-fitur lebih dari sistem operasi yang dipasang.

Yang menarik, prosesor yang memotori Apple Macbook Air terbaru kini menggunakan prosesor keluaran Intel yang diberi nama Haswell.

Dari sisi desain, Macbook masih tetap mempertahankan desain minimalis dengan postur yang super slim, Apple Macbook Air akan menawarkan bobot super ringan.

Seperti keyboard pada Apple Macbook Air dan seri Pro, pada seri terbaru Air ini tidak ada perubahan berarti dari desain keyboardnya.

Dengan jarak antar tuts yang cukup lebar akan membuat Anda nyaman dalam mengetik karena tidak terjadinya kompresi dari jari-jari Anda. Backlight yang terang dan dapat diatur intensitasnya akan menemani pengguna ketika bekerja di kegelapan.

Ditambah lagi dengan touchpad yang juga bekerja sangat baik sebagai trackpad multi touch. Touchpad hasil karya Apple di berbagai laptop maupun aksesorisnya dinilai paling wahid di kelasnya.

""Apple Macbook Air dihadirkan dengan dua pilihan layar, 11 inch dan 13 inch. Untuk layar 11 inch akan memiliki kualitas resolusi 1366×768 pixel. Untuk layar 13 inch, Apple menyediakan layar dengan resolusi 1440×900 pixel. Keduanya dilengkapi backlight LED yang akan memberikan tampilan terang dan cerah.

Dilihat performanya, dengan dua prosesor Intel Haswell i5 dan memori RAM berkapasitas 4 GB, Apple Macbook Air ini siap dipacu dengan kecepatan tinggi tanpa mengenal kata lelet.

Ditambah dengan kemampuan memacu turbo, ternyata kecepatan dari prosesor ini bisa dilipatkan dari 1.3 GHz menjadi 2.6 GHz. Tambahan, rate kecepatan writing data pun membuat Macbook Air ini dapat mengkopi data besar dalam waktu yang sangat cepat (tes membuktikan kopi data 5 GB diselesaikan dalam waktu 21 detik saja.)

Dilengkapi dengan Intel HD 5000, Macbook Air dipastikan mampu menampilkan grafis yang lebih baik dan 40% lebih cepat daripada pendahulunya. Walaupun bukan ditargetkan menjadi laptop gaming, nyata spesifikasi grafis ini membuat Macbook Air ini mampu bersaing dengan laptop dan hardware khusus gaming lainnya.

Untuk Macbook Air 11 inch, Apple mulai memasang bandrol harga US$ 999, dan untuk ukuran 13 inch, Apple akan memberi price tag US$ 1099.

Tulisan ini dan informasi-informasi mengenai perkembangan ICT Indonesia lainnya dapat dibaca di Majalah ICT Edisi No. 13-2013 di sini