Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Google Sudah Resmi Akuisisi Waze

MAJALAH ICT – Jakarta. Meski sempat beredar kabar bahwa Google masih memfinalisasi rencana untuk mengakuisi Waze, namun New York Times secara resmi menyampaikan bahwa akuisisi Google terhadap Waze sudah terjadi. Google menggelontorkan 1,1 miliar dolar AS untuk mendapatkan aplikasi pemetaan sosial ini.

Pihak Google sendiri mengatakan bahwa layanan Waze akan terpisah dari Google Maps. Namun begitu, data-data Waze akan dimasukkan dalam Google Maps dan fasilitas pencarian Google akan digabungkan dalam Waze. "Kami akan bekerja sama dengan komunitas Waze yang menjadi DNA dari aplikasi ini, untuk memastikan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan sejahtera,: kata Brian McClendon, Wakil Presiden Google bidang produk geografis.

Waze sendiri merupakan aplikasi pemetaan yang dapat menampilkan data trafik lalu lintas yang disediakan pengguna untuk membantu pengemudi menemukan rute tercepat sampai di tujuan. Saat ini pengguna Waze mencapai 50 juta. Para pengguna tersebut dapat menyediakan data lalu lintas mengenai kecelakaan, hingga informasi jalan rusak dan keberadaan polisi.

Terkait akuisisi, CEO Waze Noam Bardin mengatakan bahwa tidak akan  ada yang berubah di Waze. "Kami akan memelihara komunitas kami, merk, layanan dan organisasi kami," katanya.