Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

IM2 Buku Toko Buku Digital ‘BukuOn’

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Indosat Mega Media (IM2) membuka toko buku digital bernama BukuOn. Toko ini merupakan hasil kerjasama dengan penyedia platform PT Techbator. Kehadiran BukuOn didasari harga buku yang mahal, sedikitnya judul buku yang diterbitkan, serta tak meratanya lokasi dan jumlah toko buku, khususnya di luar pulau Jawa, yang menyebabkan rendahnya minat baca orang Indonesia.

Diceritakan Hulman Sidjabat, Direktur Keuangan & Administrasi, IM2, yang berasal dari pulau Samosir, Sumatra bagaimana ia tidak bisa membeli buku karena tak ada toko buku di Samosir. "Dengan munculnya toko buku BukuOn, saudara-saudara kita yang tinggal jauh, di Kalimantan, juga bisa mengakses, membeli buku. Bisa menjual buku sama dengan mencerdaskan bangsa," kata Hulman.

""Diungkap Hulman, saat ini sudah tersedia 2000 judul buku digital di BukuOn. Sebagian besar buku digital itu berupa buku cerita, khususnya yang best seller. Sisanya adalah buku pelajaran. Buku-buku berasal dari antara lain penerbit Mizan, penerbit UI, penerbit ITB, dan Balai Pustaka. Harganya terjangkau, mulai dari Rp. 5 ribu-Rp. 100 ribu. "Sepuluh dari penerbit asing, 1990-nya dari penerbit Indonesia,” kata Hulman.

App BukuOn sementara baru tersedia di Google Play Store, alias untuk sistem operasi Android. Untuk pembelian buku bisa dilakukan dengan menggunakan uang elektronik Dompetku besutan Indosat, atau via transfer ATM dengan sistem top-up, minimal Rp 25 ribu. Sebelumnya kamu harus mengunduh app BukuOn, lalu mendaftarkan alamat e-mail. Nantinya kamu akan mendapatkan e-mail berisi PIN untuk mengaktivasi akun.

Melalui BukuOn, pengguna bisa membeli buku secara parsial, tidak usah seluruh buku. Bisa per bab. Jadi bisa lebih murah. Selain itu, "Pengunduhan buku digital ini bersifat resumable download. Jadi kalau koneksi Internet menghilang saat buku sedang diunduh, kamu tak perlu memulai proses unduhan dari awal. Begitu koneksi Internet tersedia, sisa unduhan otomatis akan diteruskan,” terang Hulman.